PSM Swara Wadhana UNY Sabet Prestasi Grand Prix Winner di Singapura

Headline2, Pendidikan103 Dilihat

Teras Malioboro News – Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Swara Wadhana Universitas Negeri Yogyakarta berhasil menyabet Grand Prix Winner dalam kompetisi 13th International Choral Festival Orientale Concentus. Kompetisi paduan suara internasional ini berlangsung dari tanggal 1 — 3 Juli 2023 di Singapore Orientale Concentus tahun 2023 yang diikuti oleh puluhan paduan suara dari berbagai negara.

Dalam kompetisi ini, terdapat 4 juri ternama yang menilai penampilan peserta kompetisi, yaitu Dr. Pearl Shangkuan (Professor of Music and Director of Choral Activities, Calvin University), Ambrož Čopi (Artistic Director of International Youth Choirs Choral Festival Koper), Avip Priatna (Music Director & Conductor of the Jakarta Concert Orchestra), dan Maestro Stojan Kuret (Conductor, Choirmaster, and Professor).

Menurut pelatih tim PSM Swara Wadhana Lukas Gunawan Arga Rakasiwi, UNY mengikuti dua kategori yaitu kategori mixed choir dan kategori musica sacra. Dalam kategori mixed choir, PSM Swara Wadhana membawakan tiga buah repertoir, yaitu Exultate Deo (Giovanni P. Palestrina), Atsalums (Jekab Jancevskis), dan Hentakan Jiwa (Ken Steven).

Baca Juga : Wisudawan Terbaik UNY, Raih IPK Tertinggi  Karena Gemar  Membaca

Kemudian pada kategori musica sacra, PSM Swara Wadhana juga membawakan tiga buah repertoir, yaitu Ehre Sei Gott in der Höhe (Felix Mendelssohn), Stabat Mater (Vyautas Barkaukas Jr.), dan O Sapientia (Tajeda Vulc).

“Kami berusaha semaksimal mungkin dalam membawakannya” ujar Arga dalam rilis yang diterima redaksi Selasa (4/7/2023) .

Ditambahkan Arga, selain Grand Prix Winner, PSM Swara Wadhana juga menyabet Gold Grade II – Kategori S Sacred Choir (3 Songs) dengan skor 87.51, Gold Grade II – Kategori A3 Mixed Voices – Senior Youth (3 Songs) dengan skor 88.69 dan Special Jury Award – Best Programming. Pembina PSM Swara Wadhana UNY Driyastuti Yogyaningrum merasa gembira dengan capaian ini karena menambah deretan prestasi mahasiswa asuhannya.

“Sebuah prestasi yang baik di pertengahan tahun ini dan harapannya akan lebih meningkat pada masa yang akan datang” papar dosen Fakultas Bahasa Seni dan Budaya tersebut. (*) 

 

Komentar