Rayakan  ArtJog 2024  , NR Management Gelar  Dua  Pameran  Sekaligus

Teras Malioboro News –  Turut berpartisipasi  dalam merayakan Pesta Seni Rupa ArtJog 2024,  NR Management menggelar dua pameran sekaligus bertajuk “ Panambung “  yang berlangsung di Kedai Kebun Forum, Mantri jeron  dan “  Mao Chuisle “ yang berlangsung di Gallery Lorong , Bantul . Pameran Panambung digelar  pada 24 hingga 30 Juni 2024, sementara Pameran Mao Chuisle digelar   pada 25 Juni- 8 Juli 2024.

Kedua  pameran ini sangat istimewa karena menampilkan karya para perupa dengan karakter masing-masing.

Direktur NR Management Maria Novita Riatno menyampaikan,   Pameran Panambung menampilkan karya-karya dari para perupa Bali yang tergabung dalam kelompok “ Ten  Fine Art “.  Pameran ini sekaligus menjadi perayaan ulang tahun yang ke-20 komunitas ini berkarya di dunia seni rupa.

“  Panambung dalam bahasa Bali artinya menyambung. Oleh karena itu, pameran seni rupa ini juga sekaligus  sebagai upaya  silaturahmi antar seniman melalui karya  mereka. “ ujar Novita  Jumat (28/6/2024) saat dihubungi melalui pesawat seluler.

Direktur NR Management Maria Novieta Riatno

Baca Juga : Lepas Kala, Potret Pergulatan Jiwa Ida Bagus  Putu Purwa

Selanjutnya  Novieta menjelaskan,   kelompok Ten Fine Art  terdiri dari  10 seniman Bali yang sudah  puluhan tahun malang melintang di dunia seni rupa.  Namun karena  faktor teknis, hanya 9 seniman yang mengirimkan karya untuk dipamerkan. Mereka terdiri dari  :  Romi Sukadana, Budi Adnyana, Ida Bagus Purwa, V Dedy Reru,  Wayan Paramarta,  Dollar Astawa, Anyon Muliastra, Ngurah Paramarta  dan Teja Astawa.

Oleh karena itu, Panambung menjadi sebuah frasa metaforis yang menggambarkan perjalanan panjang selama 20 tahun kolektif Ten Fine Art. Istilah ini menyoroti bagaimana pameran grup mereka, yang berjudul “Panambung”, menjelajahi perjalanan artistik dan kreatif yang syarat akan cerita dan makna.

Penyelenggaraan dua pameran yang waktunya nyaris beriringan tersebut sesungguhnya terjadi tanpa kesengajaan. Sebab, rencana awal  , NR Management berencana menggelar Pameran Panambung sebagai kelanjutan dari Pameran  “ Lepas Kala “ yang bulan lalu sukses digelar di Museum Sonobudoyo.   Namun, ditengah  mempersiapkan pameran tersebut,  pihaknya bertemu dengan  perupa  Adriel Arizon yang  juga punya minat untuk menggelar pameran tunggal di Jogja.

“  Adriel ini unik, sebab basis dia seorang arsitek dan desainer produk . Jadi karya lukis dia juga  mempunyai rasa yang berbeda dibandingkan dengan seniman lainnya.  Karena itu, karya-karya yang ditampilkan juga  terasa khas. “ tandas Novieta.

Salah satu lukisan karya seniman Bali yang dipamerkan di Kedai Kebuh Forum bertajuk ” Panambung “

Baca JugaLukisan Wajah Sultan HB X Laku Rp. 3 Juta .

Lebih lanjut diungkapkan Novieta, penyelenggaraan pameran tunggal Adriel Arizon ini juga bekerjasama dengan  “ League “ karena secara kebetulan  Adriel  mendapat kehormatan untuk merancang desain  dari produk  sepatu tersebut yang  baru akan diluncurkan  bulan depan. Meski demikian, beberapa pihak yang mengenalnya sudah memesan produk sepatu sebagai bentuk apresiasi terhadap  Adriel.  (*/Sulist Ds )

Komentar