Rayakan HAN2024, RS Panti Rapih Gelar Berbagai Kegiatan.

Ragam Nusantara103 Dilihat

Teras Malioboro News — Merayakan Hari Anak Nasional RS Panti Rapih Yogyakarta menggelar berbagai kegiatan yang diawali dengan Seminar Medis dan diakhiri dengan Kompetisi Seni “Bara Muda” (Bakat Kreatifitas Anak Muda) serta Healthy Talkshow.

Untuk kegiatan Seminar Medis “Deteksi dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak” bagi Tenaga Kesehatan telah berlangsung pada 19 Juli 2024 menghadirkan 6 Dokter Spesialis Anak RS Panti Rapih, yaitu dr. A. Ratnaningsih, Sp.A, dr. Juliani, Sp.A.K, dr. Tintin Setyorini, Sp.A, Dr. dr. FX. Wikan Indrarto, Sp.A, dr. Maria Rulina, M.Sc, Sp.A, dan dr. Galuh Martin M., M.Sc, Sp.A., sedangkan Kompetisi Seni “Bara Muda” dan Healthy Talkshow berlangsung pada Minggu, (28 /7/ 2024.)

Final Kompetisi Bara Muda (Bakat Kreatifitas Anak Muda) berlangsung di Auditorium Lantai 6 Gedung Rawat Jalan Terpadu Borromeus RS Panti Rapih, menampilkan bakat seni siswa-siswi Sekolah Dasar.

Pendaftaran dan pengiriman karya video seni berlangsung dari tanggal 8-18 Juli 2024, dari 26 video yang diterima oleh panitia lomba, dipilih 10 video terbaik.

Selanjutnya 10 terbaik tersebut tampil secara langsung dihadapan Dewan Juri yang terdiri atas Didik Nini Thowok (Maestro Seni Indonesia), C. Wahyu Tri Ismayasari, S.Sn (Pelaku Seni), dan Sr. Constantia Sri Hardjanti CB (Direktur Keperawatan RS Panti Rapih) untuk memperebutkan 5 juara.

Kegiatan Talk Show dalam rangka HAN 2024

Baca Juga : 35 Finalis Putra Putri DIY 2024   Kunjungi  RS Panti Rapih Yogyakarta
Saat dewan juri berdiskusi untuk menentukan pemenang, peserta Bara Muda diajak mengikuti Hospital Tour ke beberapa lokasi layanan di RS Panti Rapih sedangkan orang tua dan pendamping mengikuti Healthy Talkshow di Lounge lantai 2 Gedung Rawat Jalan Terpadu Borromeus RS Panti Rapih.

Acara ini menghadirkan 3 narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu : Catur Udi Handayani, S.H dari UPT Perlindungan Perempuan dan Anak Kota Yogyakarta yang membahas topik “Mengurai Kekerasan Terhadap Anak, Pencegahan dan Penanganannya”,  Maria Ratih Maharani, M.Psi., Psikolog RS Panti Rapih, yang mengulas tema “Anak Cerdas Berinternet Sehat”, dan dr. Vista Nursati Pradanita, Sp.KJ(K), Dokter Psikiatri Anak RS Panti Rapih, yang mengangkat tema “Membangun Indonesia dengan Anak yang Sehat Jiwanya”. dengan dr. A. Ratnaningsih, Sp.A, Dokter Spesialis Anak RS Panti Rapih sebagai moderator

Baca Juga :  Risiko Kesehatan Akibat Kebiasaan Nge-Vape

Dalam  ajang Kompetisi Bara Muda keluar sebaga i juaranya adalah : Juara 1: Muhammad Ridho, Juara 2: Vocal Group Artha Pesona, Juara 3: Edra Pratista Deo, Juara Harapan 1: Monica Nirwasita Agnimaya Sarosa, dan Juara Harapan 2: MC Voice.

Para juara mendapatkan uang pembinaan dan trofi sebagai bentuk apresiasi atas bakat dan usaha mereka serta bingkisan.

Maestro Tari Didiek Nini Thowok memberikan hadiah kepada salah satu pemenang.

Humas RS Panti Rapih Maria Vita menyampaikan rangkaian acara Hari Anak Nasional 2024 ini merupakan bagian dari komitmen RS Panti Rapih untuk menghilangkan rasa takut anak-anak terhadap rumah sakit, mendorong pengembangan bakat anak, serta memberikan edukasi kepada orang tua tentang pentingnya pola Asah Asih Asuh

Perayaan Hari Anak Nasional 2024 mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”dengan serangkaian kegiatan edukatif dan menghibur yang dirancang khusus untuk anak-anak dan orang tua, serta kompetensi tenaga kesehatan.

Ditegaskan Vita, Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen RS Panti Rapih untuk memberikan pelayanan kesehatan ramah anak dan menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan generasi penerus bangsa.

Kemudian Vita berharap, dengan perlindungan yang baik dan pengembangan yang optimal, anak-anak Indonesia akan tumbuh menjadi generasi yang membawa kemajuan bagi bangsa. (*/)