Rayakan  HUT Kemerdekaan RI ke-78 Koegata Gelar Aneka Lomba

Headline1, Pendidikan130 Dilihat

 Teras Malioboro News — Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, SD Negeri Kotagede 3 (Koegata) menggelar aneka macam perlombaan yang diikuti oleh para siswa dan guru.  Kegiatan yang berlangsung  pada   Selasa dan Rabu (15-16/8/2023) ini berlangsung sangat semarak dan meriah.

Kepala Sekolah SD Negeri Kotagede 3  Rum Gayatri S.Pd menjelaskan bahwa perlombaan kali ini  dilakukan sebagai Upaya untuk menjaga dan menumbuhkan jiwa patriotism dikalangan siswa. Oleh karena itu, semua jenis perlombaan  bersifat edukatif dan mengandung pesan nasionalisme.

” Rasa nasionalisme itu harus terus ditanamkan sejak dini, sehingga saat dewasa mereka nantinya mempunya  rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa. ” ujar Rum Gayatri kepada wartawan di sela-sela kegiatan perlombaan.

Ditambahkan Gayatri, kegiatan perlombaan kali ini mengusung tema ” Semarak 78 Tahun Indonesia Merdeka”.   Oleh karena itu, perayaan tahun ini tidak hanya menjadi ajang merayakan kemerdekaan, tetapi juga memberikan kesempatan bagi seluruh siswa di Koegata untuk berpartisipasi dalam berbagai lomba yang diselenggarakan.

Baca Juga : UNY Jalin Kerjasama dengan 40 Media di Yogyakarta

Adapun jenis perlombaan yang digelar disekolah ini, lanjut Gayatri meliputi lomba estafet kelereng untuk kelas 1 dan 2, lomba kait kawat untuk kelas 3 dan 4, serta lomba memasukkan pensil untuk kelas 5 dan 6.

“ Semua lomba dilaksanakan baik secara individu maupun dalam bentuk tim. Suasana semangat, kerja sama, dan kekompakan peserta serta timnya disertai dengan dukungan meriah dari para pendukung setiap kelas.” ujar Gayatri.

Disamping perlombaan yang bersifatr permainan, sekolah ini juga menyelenggarakan lomba non permainan seperti  Lomba paduan suara dan lomba kebersihan kelas. Lomba paduan suara melibatkan semua kelas dan berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 09.00 WIB di halaman sekolah.

Lomba Estafet Sarung Meroahkan Peayaan HUT Kemerdekaan RI di SDN Kotagede 3

Baca Juga : Bus Sekolah Gratis Si Bona Resmi Dioperasikan

Dalam lomba ini , setiap kelas wajib menyanyikan Mars SD N Kotagede 3 dan salah satu lagu nasional pilihan, semuanya dinyanyikan dengan semangat dan diiringi kostum terbaik. Lomba kebersihan kelas menjadi kesempatan bagi siswa untuk bersama-sama membersihkan dan mempercantik kelas mereka, menciptakan lingkungan yang nyaman untuk proses pembelajaran.

Selain siswa  siswa,  para mahasiswa UST dan UAD yang sedang  melaksanakan tugas Praktek Pengalamanan Lapangan Pendidikan Profesi Guru  (PPL PPG ) juga dilibatkan. Mahasiswa tersebut ikut menyemarakkan acara dengan mengikuti perlombaan yang diadakan khusus untuk para guru dan karyawan.  Mereka turut berpartisipasi dalam mengikuti lomba estafet karet dan estafet sarung.

 

Baca Juga : Salurkan Dana Wakaf Bangun Laboratorium Sekolah

Puncak acara Perayaan ini akan  dilangsungkan  pada Kamis (17/8/2023 ) yang  diisi dengan kegiatan  Upacara bendera  serta  penyerahan hadiah-hadiah dari perlombaan

Gayatri berharap,  kegiatan ini mampu menjadi momen bersejarah bagi para siswa sebagai penghargaan atas kontribusi mereka dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Semangat kerja sama, kekompakan, dan semangat siswa Koegata diharapkan akan terus berkembang dan menginspirasi di masa depan. (*/Sulist Ds )

Komentar