Resep Hidup Tanpa Cemas

Oleh : Ustadz Sujarwo

Oase448 Dilihat

Teras Malioboro News – Saya hidangkan tulisan ini untuk menguatkan diri sendiri dan setiap orang yang sedang berupaya berhijrah dan berjuang menjahit hari-hari tanpa keresahan, kecemasan, dan kekuatiran. Hidup berpayung keteduhan dan keindahan. Bahagia mekar di segala cuaca dan musim yang datang.

Ingatlah, bila rencana telah kita susun dengan matang. Jika Ikhtiar terbaik telah kita tebarkan. Saatnya tawakkal erat-erat kita genggam. Hanya kepada Allah, kita serahkan dan wakilkan, buah dan hasil dari apa yang kita ikhtiarkan dan upayakan. Bukankah kepada orang yang bertawakal, Allah curahkan kasih sayang.

“Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah mencintai orang yang bertawakal.” (QS. 3 : 159)

Ingatlah, jauh dan dekat bukan soal jarak. Tapi, apakah kepada Allah, hati kita terikat. Namun, apakah untuk Allah, jantung kita berdetak. Bukankah, kemanapun kita menghadap, ada “wajah” Allah di sana. Dia dekat, tidak bersekat. Lalu, adakah ruang di hati kita menyisakan resah?

“Dan milik Allah Timur dan Barat. Kemana pun kamu menghadap, di sanalah wajah Allah. Sungguh, Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.” [QS. 2 : 115]

“Jangan bersedih. Sesungguhnya Allah bersama kita” (QS. 9 : 40). “Allah bersama engkau, dimanapun engkau berada” (QS. 57 : 4). “Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.” (QS. 50 : 16)

Baca Juga : Bila Allah Sudah Cinta

Tapaki perjalanan dengan hati yang damai dan tenang. Jangan cemas atas beragam kesulitan. Allah yang akan mudahkan dan beri pertolongan.

“Jika Allah menolong kamu, maka tidak ada yang dapat mengalahkan mu, tetapi jika Allah membiarkan kamu, maka siapa yang dapat menolong mu setelah itu? Karenanya, hendaklah hanya kepada Allah saja orang-orang beriman bertawakal.” (QS. 3 : 160)

Langkahi perjalanan dengan hati yang teduh, lapang, dan nyaman. Jangan gelisah atas segala keterbatasan. Sebab, Allah yang akan cukupkan.

“Barang siapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka olehnya. Barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya” [QS. 65 : 2-3]

Ingatlah, di hadapan Allah, tidak ada masalah yang besar. Tidak ada persoalan yang berat. Bila Allah berkehendak, cukup “berkata” jadi, maka terjadilah.

“Sesungguhnya urusan-Nya, apabila Dia menghendaki sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.” [QS.36 : 82]***

Komentar