Resep Kreasi Garang Gepo Ala Mahasiswa KKN UNY

Teras Malioboro News —   Pisang merupakan buah yang mudah ditemukan dibanyak tempat. Namun, terkadang buah ini belum banyak dikreasikan menjadi olahan pangan yang bernilai ekonomis. Sehubungan dengan hal tersebut, mahasiswa KKN  Reguler  UNY angkatan 3638 2023 mencoba mengolah buah pisang menjadi makanan  “ Garang Gepo “

Ketua KKN Habib Rizik,  menjelaskan kreasi pangan lokal  ini merupakan upaya untuk menginisasi masyarakat guna memanfaatan sumber daya alam  dengan bahan utama berupa buah kelapa dan pisang

“Garang gepo masih terasa asing di telinga karena ini kreasi olahan makanan mahasiswa KKN UNY yang ditularkan kepada warga. yaitu Garang Gedhang Klopo”  ujar Rizik .

Ditambahkan Rizik,  olahan makanan in i terinspirasi dari olahan pancake yang berasal dari Eropa, maka timbullah ide untuk mengubahnya menjadi jajanan lokal yang khas dan unik dengan komposisi tambahan yang berbeda dari pancake pada umumnya. Sedangkan nama Garang Gepo merupakan  kependekan dari Garang Gedhang Kelapa yang berarti memanggang pisang dan kelapa.

Baca Juga : Mahasiswa KKN UNY  Berinovasi Membuat Perangkap Lalat Buah Sederhana

Sementara itu, Penanggungjawab Program Restu Trisnaningsih menjelaskan , bahan yang diperlukan diantaranya 2 butir telur, 150 gram tepung terigu, 150 gram pisang (lumatkan), 130 gram gula pasir, 1 sendok teh ragi, ½ sendok teh vanila, 250 ml santan (masak dulu, dinginkan), 150 gram kelapa muda parut (dikukus), 50 gram margarin, kelapa sangrai (untuk isian).

Untuk membuatnya terlebih dulu kelapa muda diparut dan disangrai hingga setengah kering. Kemudian ditambahkan  gula pasir dan garam halus  secukupnya dan kembali disangrai hingga kering. Jika telah kering, sisihkan.

Selanjutnya untuk pembuatan adonan garang gepo, perlu disiapkan wadah kemudian masukkan telur, gula pasir dan vanili, lalu diaduk hingga gula larut dan tercampur rata. Selanjutnya tambahkan ragi kedalam adonan ,  aduknya hingga rata,  masukkan terigu, santan, pisang yang telah dilumatkan serta kelapa parut muda dan terus diaduk hingga merata.

Baca Juga : Mahasiswa UNY Olah Kayu Cengkeh Menjadi Kerajinan  Artistik

Adonan yang telah selesai dibuat kemudian didiamkan selama 30 menit – 60 menit. “Untuk mempersingkat waktu pengistirahatan adonan agar mengembang dengan baik, wadah yang berisi adonan ditutup menggunakan kain basah, dan ditaruh dibawah sinar matahari agar suhu tetap lembab.

Dalam proses pemasakan Garang Gepo, langkah yang dilakukan yakni dengan memanaskan cetakan, kemudian baru diolesi margarin.  Namun, sebelum menuangkan adonan, cetakan harus dalam keadaan benar-benar panas supaya adonan dapat mengembang dengan sempurna

Kemudian  tuang adonan sebanyak 1 sendok sayur kemudian ratakan, lalu taburi dengan kelapa sangrai diatasnya, selanjutnya tutup dan tunggu hingga kue mengembang dan muncul gelembung, setelah itu lipat kue menjadi setengah lingkaran, bolak-balik sambil sesekali dioles margarin, masak hingga matang. Angkat dan Garang Gepo siap disajikan.   (*/SDs )

Komentar