Samsung Resmi Meluncurkan Galaxy A04e Smartphone, Harga Sejutaan Memori 64 GB

Teras Malioboro News—Sudah ditunggu-tunggu, akhirnya Samsung resmi meluncurkan Galaxy A04e di Indonesia. Bagi pengguna Samsung Galaxy A04 series, kehadiran generasi terkini ini boleh jadi bikin ngiri. Meskipun perbedaan harga membuat si bontot dari Galaxy A04 ini wajar diharga sejutaan.

Meski terbilang terjangkau, Samsung Galaxy A04e menjadi tantangan tersendiri bagi deretan smartphone harga sejutaan di Tanah Air. Varian ini dikenal memiliki memori super lega. Kapasitas storage dua kali lebih lapang, karena smartphone ini mengusung RAM 3GB dan storage internal 64GB yang bisa ditingkatkan hingga 1TB dengan kartu memori eksternal.

RAM 3GB milik Galaxy A04e, bisa diperluas secara virtual dengan RAM Plus hingga 4GB untuk kinerja bebas nge-lag. Piranti ini dilengkapi dual kamera belakang terdiri dari kamera utama 13MP dan depth camera 2MP serta kamera selfie 5MP. Tertanam juga baterai 5.000mAh untuk penggunaan seharian, prosesor Octa-Core, dan layar HD+ seluas 6,5 inci.

“Kehadiran varian baru Samsung Galaxy A04e merupakan upaya kami agar masyarakat bisa menikmati berbagai inovasi terkini untuk mendukung gaya hidup konsumen yang semakin lekat dengan teknologi. Ponsel ini sudah dibekali penyimpanan 64GB, dua kali lebih lapang dari sebelumnya, dan didukung RAM 3GB yang bisa diperluas dengan RAM Plus 4GB. Untuk memberikan performa yang mumpuni dalam mendukung aktivitas harian, dual camera 13MP siap dioptimalkan untuk membuat konten-konten kekinian di media sosial,” kata Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

baca juga: BPS DIY Mencatat Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Yogyakarta Turun

Galaxy A04e, mengusung baterai jumbo berkapasitas 5.000mAh yang tahan digunakan seharian. Baterai ini sudah diperkuat teknologi pengelolaan daya berbasis AI, untuk mendeteksi dan menyesuaikan penggunaan baterai sesuai dengan kebiasaan penggunaan ponsel. Hal ini dimaksudkan agar penggunaan daya menjadi lebih efisien dan lebih awet.

Saat daya hampir habis, baterai bisa di-charge dengan mudah menggunakan kabel Type-C dan terisi lebih cepat berkat 7.75W fast charging. Kepala charger sudah tersedia dalam paket pembelian.

Walau harganya sejutaan, ponsel ini sudah dibekali performa yang bisa diandalkan. RAM 3GB yang bisa ditingkatkan kapasitasnya secara virtual, dengan RAM Plus hingga 4GB. Dengan demikian, pengguna bisa bebas bermain media sosial, nonton drakor favorit, hingga gaming online sepuasnya.

Bahkan, aktivitas kekinian seperti suka menyimpan video-video TikTok yang menarik untuk ditonton kemudian, atau hobi mengabadikan hidangan favorit, dan mengoleksi foto OOTD bukan lagi menjadi persoalan. Dengan kapasitas memori 64GB atau dua kali lebih lapang dibandingkan seri sebelumnya, aktivitas mengunduh aplikasi favoritmu dan menyimpan lebih banyak foto serta video juga menjadi aman.

Menilik perjalanannya, Samsung A04e merupakan keluarga dari Samsung Galaxy A04 dan Galaxy A04s series yang sudah dirilis terlebih dahulu, pada Oktober dan September 2022.

Galaxy A04e atau seri terbaru ini, adalah model paling murah di antara ketiganya. Samsung A04 dijual seharga Rp 2,1 juta untuk RAM 4 dan Memori 64 GB. Kemudian Galaxy A04s dijual dengan harga Rp 1,5 juta RAM 3 dan kapasitas penyimpannan 32 GB serta harga Rp 1,8 juta untuk yang mengusung memori 64 GB.

baca juga: FKG UGM-Cobra Dental Berikan Topikal Aplikasi Fluor Gratis bagi 1.200 siswa SD di Jogja

Keseluruhan tampilan dan desain, Galaxy A04e tidak terlalu memiliki banyak perbedaan dengan saudara-saudaranya. Seri terbaru dan paling ramah kantong ini bahkan tampak hampir mirip dengan pendahulunya. Galaxy A04e dibekali layar berpanel IPS LCD dengan panjang diagonal 6.5 inci. Layar ini menawarkan resolusi HD Plus dan refresh rate 60Hz.

Masih di bagian layar, perangkat ini didesain memiliki poni berbentuk huruf “V” yang dinamai Infinity-V sebagai tempat menampung kamera selfie 5MP (f/2.2). Sementara itu, kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 13 MP (f/1.8) dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.2).

Sektor kamera belakang itulah yang menjadi salah satu faktor Galaxy A04e dibanderol lebih murah. Sebagai perbandingan, Galaxy A04 dan Galaxy A04s sama-sama dibekali kamera 50 MP (f/1.8). (suwarjono)

Komentar