Sheraton Mustika Yogyakarta Hadirkan Pendongeng Cantik Rona Mentari

Rayakan Hari Dongeng Nasional

Headline2, Jogja Raya151 Dilihat

Teras Malioboro News —  Merayakan Hari Dongeng Nasional, Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa  mengadakan  kegiatan  “Gempita Dongeng Nusantara” pada  Sabtu  (18/11/2023). Kegiatan ini akan menghadirkan  wanita pendongeng ternama asal Yogyakarta, Rona Mentari.

Rona Mentari  yang telah melanglang buana ke Storytelling Hut, Emerson College, Inggris, Singapore International Storytelling Festival, hingga Sydney International Storytelling Festival akan berbagi  cerita yang menarik kepada anak-anak Yogyakarta dan para tamu yang singgah di Sheraton Mustika.

Namun,  para tamu tidak hanya dapat  mendengar kepiawaian Rona Mentari mendongeng , karena pada saat yang  sanma juga digelar  Food Festival dengan berbagai live station stall  oleh chef  Sheraton Mustika Yogyakartya yang  menyajikan berbagai menu unggulan diantaranya : mini beef slider, hot dog , churros , kebab dan masih banyak lagi .  Bahkan sambil   para tamu yang mengikuti seluruh rangkaian acara  juga disajikan berbagai  dengan makanan ringan dan akses kolam renang anak  secara khusus.

Baca Juga : Lestarikan Sastra Jawa di  Kalangan Anak Muda .

Martha  Philetas selaku Marketing Communication Manager Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa menyampaikan, acara ini dikemas dengan rangkaian kegiatan yang pastinya dapat menstimulasi kreatifitas dan imajinasi anak , mulai dari sesi dongeng, melukis payung kertas , bermain dan bernyanyi lagu  tradisional  yang berkaitan dengan kultur Indonesia

“ Acara ini kami gelar  sebagai upaya untuk melestarikan dongeng sebagai tradisi bertutur yang selama ini nyaris hilang karena anak-anak lebih suka bermain dengan gadget.  Untuk itu, kami berupaya memperkenalkan kembali agar  tradisi ini tidak hilang. “ ujar  Martha dalam rilis media yang diterima redaksi  Rabu (15/11/2023).

Baca Juga : Festival Sastra Anak 2023 Bergema di 3 Kampung Kota Yogyakarta

Ditambahkan Martha, seringkali dongeng hanya dipandang sebagai cerita fiksi yang diperuntukan sebagai sarana primadona untuk hiburan. Namun jika dipahami secara lebih mendalam dongeng memiliki peran penting dalam melestarikan budaya melalui berbagai tokoh legenda Indonesia yang selalu menyiratkan pesan moral dalam setiap cerita .

Sementara itu Rona Mentari menambahkan, sesungguhnya  dongeng tidak sekadar bertutur, tetapi dongeng bisa disajikan dengan cara lain. Namun,  dongeng melalui cara bertutur itu yang sekarang mulai jarang dilakukan oleh para orang tua. Padahal, dongeng merupakan sarana untuk memupuk rasa percaya diri, menguatkan karakter, dan membuat waktu lebih berkualitas.

“ Dongeng mempunyai peran paling penting  guna mendekatkan anak dengan orang tua atau orang-orang terdekatnya. Dongeng mengajak anak aktif dan selalu berinteraksi. Ini berbeda bila anak mencari hiburan melalui internet, dimana anak hanya terpaku pada apa yang dilihatnya. “ ujar Rona (*/SDs)

 

 

Komentar