SMP Joanes Bosco Pentaskan Kethoprak Lakon “ Hamukti Palapa .

Libatkan Ratusan Siswa

Teras Malioboro News –  Sebagai upaya melestarikan seni tradisional, SMP Joanes Bosco  Yogyakarta pada Kamis (16/2/2023) menggelar Pentas Seni Kethoprak bertajuk “ Hamukti Palapa “  di Taman Budaya Yogyakarta .

Pagelaran yang disutradarai oleh  F. Haryo Tri Aji dan Caecilia Asri Damayanti, akan melibatkan ratusan siswa  kelas VII dan VIII yang bukan hanya beradu peran tetapi juga akan membawakan tari-tarian Nusantara dari daerah daerah Sumatra, Betawi, Jawa , Bali, Kalimantan dan Papua.

Berbeda dengan pagelaran seni kethoprak pada umumnya,  dalam pagelaran ini dialog pengantar akan menggunakan bahasa Indonesia sehingga bagi penonton yang berasal dari luar jawa tetap dapat memahami jalannya  cerita.

Para Siswa Joanes Bosco Yogyakarta sedang berlatih untuk pementasasn kethoprak ” Hamukti Palapa “. ( Foto : Istimewa )

Baca Juga : MAN Temanggung Gelar Workshop Peningkatan Mutu Kepenulisan

Menurut  Sutradara F. Haryo Tri Aji, konsep cerita dari  pagelaran kethoprak ini didasarkan pada novel karya Langit Kresna Haryadi. Cerita ini dipilih guna menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme dikalangan generasi muda serta memahami   sejarah bangsa dengan cara yang sederhana.

“Cerita Hamukti Palapa adalah cerita yang memuat perjuangan penyatuan nusantara dan mengandung nilai nasionalisme. Karena itu pagelaran ini juga sekaligus sebagai metode lain untuk belajar sejarah bangsa. “ ujar Tri Aji dalam rilis yang diterima redaksi Sabtu (11/2/2023).

Ditambahkan Tri Aji, Pagelaran  Kethoprak Hamukti Palapa ini akan sangat istimewa karena  para siswa selain berperan sebagai pelakon , kethoptak ini akan diiringi live gamelan dari para pengrawit  dari siswa Kelas IX.  (*/SDs )

 

Komentar