Space Roastery , Penyangga Eksistensi Bisnis Kopi di Jogja

Headline1, Info UMKM199 Dilihat

Teras Malioboro News –   Bicara soal kuliner,  Kota Yogyakarta tak akan pernah ada  habisnya.  Terutama bagi para coffeeholic, Kota ini menjadi semacam surga bagi para pecinta kopi. Bahkan,  kebiasaan minum kopi telah menjadi gaya minum bagi anak muda di kota ini.

Eksistensi bisnis coffeshop di Kota ini tak lepas dari peran pemasok dan pemanggang biji kopi yang ada di  kota ini.  Salah satunya adalah Space Roastery.

Space Roastery didirikan sejak 2016 oleh William Christiansen dan Elvan Wenas. Bisnis ini lahir dari hobi mereka meminum kopi sejak kuliah di luar negeri.  Saat itu, karena  keterbatasan uang saku, William memutuskan untuk menyeduh kopi di rumah. Setelah berjalan selama enam tahun, kebiasaan tersebut berubah menjadi gaya hidup.

“Kembali ke Indonesia tahun 2015, saya cukup kaget karena pelayanan yang saya dapatkan di luar negeri tidak ada saat saya kembali. Seperti kemudahan membeli dan profesionalitas dari roastery, waktu itu saya cukup kesulitan, hingga akhirnya frustrasi dan membeli mesin roasting sendiri,” jelas William, seperti  diungkapkannya dalam podcast Cerita Joni di kanal YouTube JNE ID.

Baca Juga : Mahasiswa UNY Teliti  Fungsi Ekstrak Daun Kopi Sebagai Pembasmi Jamur Tanaman Cabai 

Karena melihat peluang yang cukup besar, William memutuskan untuk menjadikan hobinya sebagai usaha bisnis. Hal inilah yang menjadi awal berdirinya Space Roastery.

Nama Space dipilih untuk menggambarkan harapan mereka, yaitu terciptanya ruang di dalam rumah bagi para penyeduh kopi untuk bisa menyeduh kopi secara mandiri atau yang biasa disebut home brewers.

Bagi sebagian orang, Space Roastery  mempunyai banyak keunikan. Salah satunya terlihat  dilihat dari penamaan produk-produknya. Beberapa varian seperti Gayo Apple Cider, Halu Pink Banana, dan Bombe Flower Bomb memberikan gambaran rasa dari biji kopi yang dijual.

“Dulu membeli kopi hanya tertulis Gayo Natural. Sebagai home brewers, kami tidak tahu rasanya seperti apa. Berbeda jika namanya Gayo Apple Cider, orang jadi tahu rasanya seperti apple cider sebelum membeli,” ujarnya .

Seiring waktu, biji kopi yang di-roasting oleh Space Roastery diminati berbagai coffee shop dan home brewers di berbagai kota di Indonesia. Sejak itu, Space Roastery mengandalkan JNE untuk pengiriman produknya dan membuat program hemat ongkir.

Melalui perdagaan secara online, pelanggan bisa memesan melalui website atau WhatsApp Space Roastery dan otomatis mendapatkan promo hemat ongkir dari JNE.

“Pesan langsung lewat webstore Space Roastery atau WhatsApp Space Roastery,” jelas William.

Baca Juga : Unsoed Purwokerto Lakukan Riset dan Kajian Ilmiah Bisnis Kopi Mukidi

Berbagai layanan yang ia tawarkan membawa William untuk menciptakan acara rutin bulanan, yaitu “ public cupping” atau icip-icip kopi bersama. . Tujuan acara ini adalah untuk memeriksa kualitas kopi yang akan diminum, baik dari aroma maupun rasa.

“Cupping sendiri bertujuan untuk memeriksa kualitas kopi yang kita seduh  ” ujar William.

Acara cupping ini diadakan secara gratis dan terbuka untuk umum. Bagi yang ingin ikut kegiuatan ini ,  dapat   menyimak informasinya di Instagram Space Roastery. Nantinya,  follower terpilih akan diundang  oleh pihak  manajemen Space Roastery untuk hadir dalam acara tersebut . (*/Sulist Ds )

 

Komentar