String Ensemble Yogyakarta Royal Orchestra Tampil Perdana di Luar Keraton

Teras Malioboro News — Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, string ensemble Yogyakarta Royal Orchestra di bawah naungan Kawedanan Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Pentas Musikan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2023 di Halaman Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta, Jalan Malioboro 54 Yogyakarta pada Sabtu, 20 Mei 2023 pukul 16.00 WIB.

Acara akan terbuka untuk umum secara gratis, dan disiarkan pula secara langsung melalui kanal YouTube Kraton Jogja. Pementasan kali ini akan dimeriahkan oleh solo vokal dari Brian Prasetyoadi dan solo violin oleh Elgar Putrandhra.

“Sebenarnya sudah sejak tahun lalu kami berangan-angan untuk menggelar Pentas Musikan di halaman Gedung DPRD DIY ini. Hanya saja waktu itu masih ada beberapa kendala teknis yang harus dirumuskan dulu formulasinya yang tepat. Nah tahun ini bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2023, akhirnya kami berkesempatan mewujudkannya. Istimewanya lagi, ini menjadi pentas perdana tim string ensemble Yogyakarta Royal Orchestra di luar Keraton Yogyakarta.” papar KPH Notonegoro, selaku Penghageng Kawedanan Kridhamardawa dalam rilis media yang diterima redaksi Jumat (19/5/2023 )

Baca Juga : Keraton Yogyakarta Kembali Gelar Pentas Musikan Mandalasana

Ditambakan Notonegoro, sebelumnya tim ansambel tiup atau brass ensemble pentas di Regol Barat Kepatihan tahun lalu, namun  tim string ensemble  belum pernah pentas diluar Kraton. Dalam  Pentas Musikan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2023 ini akan menghadirkan 10 repertoar yang bertemakan semangat perjuangan, persatuan dan kebangsaan yaitu: Indonesia Tetap Merdeka; Bagimu Negeri; Bhineka Tunggal Ika; Maju Tak Gentar; Kebyar Kebyar; Indonesia Pusaka; Lir Ilir; Medley: Berkibarlah Benderaku – Berkibarlah Bendera Negeriku; Tanah Airku; dan Indonesia Jaya.

Sepuluh lagu  yang dibawakan,  diaransemen oleh salah satu Abdi Dalem Musikan yaitu ML. Widyoyitnowaditro. Sedangkan yang  bertindak sebagai pengaba atau conductor dalam pementasan ini adalah RW. Widyogunomardowo.

Beberapa lagu akan menghadirkan permainan solo violin dari Elgar Putrandhra, solo vokal oleh Brian Prasetyoadi, dan bahkan akan hadir duet antara permainan violin Elgar Putrandhra dengan vokal Brian Prasetyoadi.

“Brian sendiri sudah beberapa kali ya berkolaborasi dengan Yogyakarta Royal Orchestra, pertama waktu Pentas Musikan Kamardikan tahun lalu di Regol Brajanala, kemudian yang baru-baru ini waktu Pentas Musikan Peringatan Serangan Umum 1 Maret di Bangsal Mandalasana. Nah, dua pementasan sebelumnya ini Brian Prasetyoadi berkolaborasi dengan tim ansambel tiup, sementara besok ini pertama kalinya Brian akan berkolaborasi dengan string ensemble Yogyakarta Royal Orchestra. Saya pribadi sangat menantikan hasil akhirnya,” ungkap KPH Notonegoro.

Baca Juga : “More Than Jazz Art ” Kolaborasi Antara Jazz dan Seni Rupa 

Ditegaskan Notonegoro, acara ini terbuka untuk umum secara gratis tanpa perlu melakukan reservasi terlebih dahulu. Namun bagi masyarakat yang tidak bisa langsung hadir ke lokasi, tidak perlu khawatir karena tetap dapat menyaksikan keseluruhan rangkaian acara mulai dari kirab prajurit dan Abdi Dalem Musikan hingga penampilan 10 lagu dalam Pentas Musikan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2023 ini secara daring melalui kanal YouTube Kraton Jogja.

“ Pada saat digelar di kawasan Malioboro dan di area Gedung DPRD DIY, kami berharap Pentas Musikan kali ini bisa menjadi hiburan bagi masyarakat dan wisatawan, sekaligus membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan. Apalagi mendekati tahun-tahun politik, kami ingin terus menguatkan persatuan Indonesia dari Yogyakarta dengan musik sebagai bahasa universal. Semoga pesan-pesan persatuan dan perdamaian ini bisa diterima seluruh lapisan masyarakat,” pungkas KPH Notonegoro. (*/SDs )

 

Komentar