Sulit Dipercaya,  Baru 15 Tahun Sudah  Menjadi  Mahasiswa

Headline1, Pendidikan196 Dilihat

Teras Malioboro News —  Nama mahasiswa itu adalah Munandar Julkarnaen . Tahun ini dia tercatat sebagai mahasiswa  baru, meskipun  usianya baru 15 tahun.  Oleh karena itu, Munandar  disebut sebagai Mahasiswa Termuda dalam PKKMB UNY tahun 2023 ini.

Berdasarkan dokumen yang diterima UNY, Munandar tercatat lahir di Bima, 8 Desember 2007 , sehingga saat diterima di UNY pada usia 15 tahun 8 bulan.  Kemudian pertanyaannya, usia berapa masuk SD ?

” Lupa ! ” ujar Munandar kepada wartawan ketika ditemui disela-sela kegiatan PKKMB di GOR UNY, Selasa (8/8/2023)

Baca Juga : PSM Swara Wadhana UNY Sabet Prestasi Grand Prix Winner di Singapura

Diungkapkan Munandar, dirinya memilih untuk kuliah di UNY karena  sangat menyukai  bidang olahraga khususnya sepakbola . Secara kebetulan dia diterima melalui jalur seleksi mandiri, dan diterima pada program studi Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

“Saya senang dapat diterima di UNY” ujarnya singkat ,

Sementara itu,  berdasarkan nilai akademik  yang dimilikinya,  Munandar yang berasal dari  Dusun Sakolo RT 17 RW 7, Desa Simpasai, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat tersebut juga tidak mengecewakan karena  nilai rata-rata 83,35 . Munandar  memperoleh nilai diatas 80 untuk mata pelajaran matematika, fisika, kimia, biologi, pendidikan agama dan budi pekerti serta Bahasa Indonesia. Kemudian,  untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan serta Prakarya dan Kewirausahaan. Disamping itu, Munandar juga meraih nilai diatas 80 untuk mata pelajaran pilihan informatika.  Namun, nilai tertinggi yang didapatkannya adalah 90,50 pada mata pelajaran kimia.

Baca Juga : Wisudawan Terbaik UNY, Raih IPK Tertinggi  Karena Gemar  Membaca

Khusus untuk bidang olah raga, anak pasangan Waluyo dan Sumarni tersebut meraih prestasi pada Liga Anak Nusantara beberapa waktu lalu.

“Selama sekolah saya tidak mengalami kendala apapun dan lulus tepat waktu, walau dalam usia yang lebih muda dibanding teman saya” ujar alumni SMAN 2 Lambu tersebut.

Munandar berharap setelah diterima di UNY , dirinya dapat lebih meningkatkan prestasi, oleh karena itu ia akan mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa yang sesuai dengan minat dan bakatnya.  (*/SDs )

Komentar