Sultan HB X : Pemilu  Bukan Sekadar Olah Politik. Bangun Suasana Aman.  

Headline1, Malioboro299 Dilihat

Teras Malioboro News –  Menyongsong pelaksanaan Kampanye  Pemilu  2024, Polda DIY menggelar Konser Jogja Asyik- Jogja Bermusik- Untuk Indonesia Asyik. Selain menampilkan Pagelaran Tari karya Sri Sultan HB X, pagelaran ini dimeriahkan dengan penampilan Sinten Remen, Trie Utami, Ndar Boy Bank  serta sastrawan Landung Simatupang.

Dalam sambutannya, Gubernur DIY  Sri Sultan HB X menyampaikan,  kegiatan ini merupakan inisiasi bersama untuk mendorong pemilu yang damai.  Di Jogja  penyelenggaraan kampanye berlangsung tertib , minim konvoi yang rentan dengan gesekan sosial.

“ Menjadi hak azasi masyarakat untuk menyampaikan pendapatnya, termasuk  preferensi politiknya dimasa Pemiluini, namun tetap dalam koridor  saling  menghormati secara batiniah dan lahiriah “ ujar Sultan.

Selanjutnya Sultan menyampaikan,  perlu kiranya untuk disadari bersama  bahwa saling menghormati itu bukan wujud sikap rendah diri , melainkan merupakan wujud kerendahan hatinya.,  agar dapat membawa diri  dalam pergaulan sosial dan politik.

Baca Juga : Konser Kamardikan 2023 Menutup Rangkaian Pameran Narawandira 

Penampilan Trie Utami bersama Orkes Sinten Remen dan para mahasiswa Jogja

Dengan demikian, Tahapan Pemilu serentak maupun Pilkada sesudahnya   tidak hanya menjadi arena kontestasi politik semata  bagi pesertanya , namun juga menjadi pembelajaran politik , saling asah, saling asih, saling asuh,  untuk mendewasakan masyarakat dalam berdemokrasi.

Sebab, menurut Sultan Pemilu bukan sekadar olah politik tetapi juga merupakan olah budaya  untuk meningkatkan mutu budaya demokrasi agar tumbuh subur kuat mengakar menjadi budaya rakyat.

“ Suasana  aman dan nyaman hendaknya dibangun layaknya bebrayan ageng. “ tandas Sultan

Penampilan Ndarboy dalam Pagelaran Konser Jogja Asyik.

Sementara itu,  disela penampilannya  penyanyi Trie Utami menyampaikan,  menjadi Indonesia itu sangat sederhana dan menjaga kebhinekaan adalah yang utama seperti yang tergambar di panggung  malam ini.  Untuk itu, Trie Utami berpesan  Pemilu   yang akan menjadi Pesta Demokrasi harus berlangsung aman. Dan Pemilu damai itu dimulai dari Jogja.

“ Indonesia harus kita jaga, Indonesia  harus kita rawat bersama. Jangan bertengkar, jangan berpencar. “ ujar  artis mungil yang akrab disapa Iie tersebut.

Konser musik malam ini dipuncaki dengan penampilan Ndarboy Genk yang menampilkan sejumlah lagu-lagu hitsnya.  Pada kesempatan ini Ndarboy juga sempat membawakan lagu baru berjudul ” Polisi Jagoanku ” yang diciptakan bersama aktor Butet Kertarejasa.

Vokalis Ndarboy Daru Indrajaya memberikan penghargaan kepada Kapolri Jendral Pol Listya Sigit Prabowo sebagai wujud apresiasi seorang seniman kepada polisi yang telah bertugas menjaga keamanan selama Pemilu berlangsung.

Terhadap lagu baru ini Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa dalam suasana Pemilu yang sebentar lagi akan berlangsung,  sebuah peristiwa yang istimewa terjadi di Yogyakarta.  Sebab, pada  Pagelaran Musik Jogja Asyik ini semua elemen masyarakat berkumpul termasuk perwakilan parpol dan Timsukses masing-masing calon legislatif.

Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jogja, khususnya Ndarboy yang telah memberikan apresiasi kepada kepolisian dalam melaksanakan tugasnya selama ini.

” Penghargaan ini  kami anggap bukan sekadar hadiah tetapi amanah. ” tandas Sigit.   (*/SDs )

Komentar