Survei Terbaru Elektabilitas Capres/ Cawapres . Siapa Juara ?

Headline2, Politik215 Dilihat

Teras  Malioboro News — Lembaga Survei dan Polling Indonesia atau SPIN merilis hasil survei terbaru  mengenai elektabilitas paslon Prabowo Gibran yang telah  mencapai 50,9 persen.  Artinya  paslon Prabowo- Gibran berpotensi menang satu putaran , karena telah mencapai perolehan suara 50 persen plus 1.  Survei ini dilakukan pada rentang waktu  8 hingga 14 Januari 2024 sebanyak 2.178 respon dari 38 Provinsi Indonesia

Direktur Eksekutif  SPIN Igor Dirgantara menyebutkan elektabilitas Prabowo – Gibran  menunjukkan tren yang terus  menanjak. Berdasarkan hasil temuannya pasangan ini berhasil  melampaui 50%  dan semakin jauh mengungguli dua paslon lainnya. Adapun paslon nomor urut 3 Ganjar Mahfud mendapat elektabilitas sebesar 23,5% dan paslon urut 1 Anis Muhaimin meraih elekabilitas sebesar 18,7%.

“ Perolehan suara  dukungan terhadap paslon nomor urut 2 saat ini itu cenderung meningkat ya menjadi 50,9% saya bisa bayangkan kalau tinggal 0,1% lagi 51% berarti 50 + 1 bisa satu putaran Ini sementara paslon nomor urut 1 dan 3 ya pasangan Amin dan Ganjar mahbud itu sepertinya terus mengalami degradasi ya terutama Anis  Muhimin   cukup dalam terkoreksi “ ujar Igor kepada sejumlah wartawan.

Baca Juga : LSJ :  Pilpres Diprediksi Berlangsung  Satu Putaran,

Igor menduga, terkoreksinya elektabilitas dari Paslon Nomor Urut 1  akibat  gaya debat Anies yang terlalu menyerang untuk mendapatkan peningkatan poin dukungan . Namun, hal itu justru menjadi  blunder  karena  calon pemilih bimbang  tidak menyukai gaya seperti itu.

Igor menyebutkan suara untuk paslon nomor urut 1 dan T cenderung turun terutama pasca debat ketiga yang digelar pada 7 Januari 2024  lalu.  Meski tidak begitu besar,  angka survei menunjukkan bahwa  gaya debat para paslon mempengaruhi angka dukungan masyarakat .

Baca Juga : Sahabat Ganjar Pranowo (SGP) Pindah Dukungan ke Prabowo Subianto.

Sebelumnya hasil survei lembaga survei nasional atau LSN menyebutkan,  elektabilitas pasangan Prabowo – Gibran unggul dari pasangan Amin dan Ganjar Mahfud dengan persentase angka 49,5% responden menjatuhkan pilihan pada Prabowo Gibran  (49,5 persen ) ,  24,3% responden memilih pasangan Anies Baswan Muhaimin ( 24,3 %)  dan 20,5% responden memilih pasangan Ganjar pranowo Mahfud MD sementara 5,7% responden mengaku belum bisa memutuskan memilih survei dilakukan 28 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024 di 38 provinsi dengan ambang kesalahan kurang lebih 2,6% dengan tingkat kepercayaan 95%.  (*/SDs )

Komentar