Survei Terbaru, Elektabilitas Prabowo-Gibran Capai 46,7 Persen.

Headline1, Politik370 Dilihat

  Teras Malioboro News —  Lembaga  survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru.  Rilis hasil ini dilakukan b erdasarkan kegiatan survei yang berlangsung pada 22-24 Desember 2023  dan dilakukan melalui metode wawancara telepon.  Jumlah sampel sebanyak  1217 dan tersebar di semua propinsi yang ada di Indonesia.

Berdasarkan survei tersebut diperoleh hasil bahwa Pasangan  Prabowo – Gibran masih menduduki posisi pertama dengan  capaian elektabilitas  sebesar 46,7 persen disusul pasangan  Ganjar- Mahfud  dengan elektabilitas 24,5 persen  dan  Anies – Cak Imin  berada pada posisi terakhir dengan perolehan eletabilitas sebesar 21, 0 persen sementara yang  mengaku tidak tahu atau tidak bersedia menjawab sebesar 7, 8 persen.

“  Ini sekaligus menegaskan terhadap rilis  yang kemarin  dilontarkan dari sebuah  lembaga yang menyatakan bahwa elektabilitas Prabowo – Gibran sudah menyentuh angka 50 plus.  Menurut survei kami belum menyentuh angka 50 persen. “ ujar  Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia dalam  konferensi pers secara daring , Selasa (26/12/2023).

Survei elektabilitas Capres/Cawapres ( sumber : youtube.com/kompas.com )

Baca Juga : Siapa Capres yang Paling Unggul? Saksikan Perdebatannya Malam ini Pukul 19.00

Selanjutnya , Burhanuddin menyampaikan,  untuk peringkat ke-2 dan ke 3 berada dalam margin off error.  sebesar 2,9 persen. Oleh karena itu pihaknya  tidak berani menyatakan siapa diantara keduanya yang lebih unggul diantara Ganjar – Mahfud dan Anies -Cak Imin.  Jadi, jika Prabowo-Gibran gagal meraih 50 persen plus 1 , maka diantara kedua-nya berpeluang untuk maju  dalam pemilihan Putaran ke-2.

Kemudian berdasarkan tren kenaikan elektabilitas, Burhan menyampaikan bahwa elektabilitas Prabowo menunjukkan gejala peningkatan sementara tren elektabilitas pasangan lain cenderung stagnan atau bahkan mengalami penurunan. Sedangkan Anies elektabilitasnya pernah mendekati Ganjar Pranowo , tetapi kemudian trennya menurun.

“ Pada awalnya Ganjar  peringkat pertama terus.  Prabowo baru menyalip paska insiden  Piala Dunia U-20 yang gagal  dan setelah itu tren-nya mengalami penurunan., “ ujar Burhan.

Baca Juga : Tyasno Sudarto dan Amien Rais Ikut Mendorong Petisi Memakzulkan Jokowi

Yang menarik, kalau kita lihat tren paska debat capres , elektabilitas Anies sedikit turun sementara elektabilitas Prabowo sedikit naik., sementara elektabilitas Ganjar-Mahfud cenderung stagnan.

Berkaitan dengan performance cawapres dalam debat, sebanyak 56,2 persen responden menilai  Gibran Rakabuming tampil lebih baik sedangkan  24,2 persen  responden menilai Mahfud MD  tampil lebih baik, sedangkan responden  yang menilai penampilan Cak Imin sangat baik dalam debat hanya sebesar  12,3 persen sementara sisanya mengaku tidak tahu atau tidak bersedia menjawab.

Sementara itu, untuk Capres yang mempunyai program kerja, sebanyak  32,6 persen responden menilai Prabowo Subianto mempunyai  Program Kerja paling baik,  sementara  responden yang memilih Ganjar Pranowo sebesar  26,8 persen dan Anies Baswedan sebesar  26,1 persen. (*/Sulist Ds )

Komentar