Thaghut , Horor Yang Menghibur Dengan Sejumlah Kejutan  

Headline1217 Dilihat

Teras Malioboro News —  “Thaghut” adalah film horor Indonesia terbaru yang berhasil mengundang perhatian penonton . Film yang  disutradarai oleh Bobby Prasetyo ini mencoba  mengangkat fenomena  sekelompok masyarakat yang menganut ajaran sesat .

Cerita yang diangkat cukup menarik, meskipun beberapa plot twist terasa agak predictable. Akting para pemain, terutama  Whani Darmawan terlihat sangat meyakinkan. Justru kekuatan film ini terlihat sangat bertumpu pada akting Whani Darmawan yang memerankan  sebagai seorang  dukun sakti  bernama Abah Mulya.  Sementara itu, aktris  Yasmin Napper yang memerankan  sosok  Ainun terlihat kurang maksimal tampil  membawakan perannya.

Sinematografi film “Thaghut”  perlu mendapat banyak catatan. Pencahayaan yang terlalu terang , kostum aktor dan aktrisnya yang terlalu “bersih “ terlihat sangat dipaksakan.  Bahkan sejumlah penonton menyatakan bahwa hantu film ini masih terlihat cantik, meski sudah mencoba dipoles dengan  makeup yang maksudnya menyeramkan.

Sutradara dan Cast Artis Film Thaghut , saat Meet n Greet dengan para penonton di Plaza Ambarrukmo, Senin (19/8/2024).

Baca Juga : 13 Bom Di Jakarta,  Film Aksi Laga Terseru Tahun Ini.

Dari sisi  sinematografi “Thaghut”  mencoba menyuguhkan Atmosfer mencekam ala film triller. Sayangnya, pencahayaan yang kurang ditambah pengolahan CGI yang nanggung membuat beberapa adegan justru terlihat menggelikan.  Sedangkan dalam pengemasan  film terasa agak lambat di beberapa bagian, sehingga penonton mungkin akan merasa sedikit bosan.

Kemudian,  pengambilan  seeting gambar di padepokan,  kurang membangun kesan mistis dan menyeramkan. Bahkan, beberapa detail pengambilan gambar terlihat sangat klasik. Bahkan ada satu angle yang sengaja ditampilkan tanpa ada kelanjutan dari adegan lanjutannya.

Contohnya, saat handycam yang dipegang Rini  ( Ria Ricis ) terjatuh di gua dalam kondisi menyala,  terkesan sia-sia karena tidak ada kelanjutan dari adegan tersebut.  Kondisi ini diperparah dengan visual efek yang ditampilkan juga tidak terlalu kuat untuk menciptakan suasana menakutkan.

Sutradara dan Cast Film Thaghut, berfoto bersama para penonton usai Gala Premiere di Studio XXI Plaza Ambarrukmo, Senin (19/8/2024)

Baca juga : Agak Laen , Ramuan Komedi dan Drama Horor Yang Sangat Seru.

Saya menduga, saat membuat film ini  sang sutradara  terinspirasi dari film The Nun.  Sayangnya, alur cerita  terlihat sangat monoton dengan solusi persoalan yang sangat  klasik. Bahkan, ada beberapa adegan dan dialog  yang terkesan tidak  masuk akal seperti  hantu yang berdakwah, menjadi  makmun sholat  dan  beberapa adegan  yang ditampilkan tanpa penjelasan.

Meski demikian, secara keseluruhan, “Thaghut” adalah film horor yang cukup menghibur dengan beberapa kejutan. Film ini  diputar secara serentak di bioskop tanah air mulai  Kamis (29/8/2024) dan cocok ditonton bagi anda yang menyukai film horor Indonesia dengan sentuhan mistis.

(*/Sulist Ds )

Komentar