Taman Pintar Yogya Gelar FGD Edu Fest Figur Cari Aman

Headline1, Jogja Raya453 Dilihat

 

Teras Malioboro News — Sehubungan dengan  meningkatnya angka  kecelakaan lalu lintas maka  edukasi keamanan berkendara perlu ditanamkan sejak dini. Taman Pintar bekerjasama dengan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) menyelenggarakan kegiatan Workshop dan Focus Group Discussion (FGD) Edufest Figur Cari_Aman  yang dilaksanakan pada tanggal 19—21 Oktober 2023 di Phytagoras Hall Taman Pintar , Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh  peserta 70 orang  yang terdiri dari petugas Zona Etika Lalu Lintas Taman Pintar dan guru-guru PAUD se Kota Yogyakarta

Kegiatan ini dibuka oleh Ahmad Muhibbuddin selaku Ketua Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) didampingi Ir. Aman Yuriadijaya, M.M., Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, dan Retno Yuliani, S.E., M.Ec.Dev, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Taman Budaya.

Baca Juga : Taman Pintar Yogyakarta  Luncurkan Zona Nglaras Budaya  

Lukman Yoga  selaku Analis Perencanaan Program dan Kegiatan menyampaikan, kegiatan ini ditujukan untuk membekali ilmu keamanan berkendara kepada anak melalui guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta), sehingga nantinya ilmu ini dapat ditularkan pada anak-anak .

”  Pembekalan ini ditujukan untuk para guru sehingga nantinya mereka mempunyai bekal untuk mengajari siswanya mengenai kesadaran berkendara secara aman. ” ujar Lukman kepada wartawan disela-sela kegiatan.

Ditambahkan Lukman,  Workshop dan FGD ini merupakan rangkaian kegiatan dari Edufest Figur Cari_Aman yang terdiri dari pelatihan, workshop, FGD, kontes, dan inaugurasi sejak September lalu hingga puncaknya pada Desember 2023 mendatang.

Sekda Kota Yogyakarta Ir.Aman Yuriadi Djaya mencoba fasilitas simulator berkendara di Taman Pintar Yogyakarta.

Baca Juga : Zona Sea Life Secara Resmi Hadir di Taman Pintar Yogyakarta

Dalam kegiatan ini , peserta diberikan pelatihan dan materi keamanan berkendara untuk anak seperti adab berlalulintas, adab berjalan di trotoar, adab menyeberang, dan sebagainya.

Semua materi nantinya akan dipraktekan langsung kepada anak didik di sekolah masing-masing dan cara guru berkreasi dalam mengenalkan, mengajarkan, dan mempraktekan akan dikompetisikan melalui kontes dengan pengumuman pemenang pada Desember 2023.

Lukman berharap, rangkaian kegiatan ini  mampu membantu guru dan petugas zona dalam memberikan edukasi keamanan berkendara secara menyenangkan dan mudah dipahami kepada anak sehingga efek jangka panjangnya diharapkan kecelakaan lalu lintas semakin berkurang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengungkapkan, terima kasih dan apresiasi kepada pihak YAHM dalam membantu pemerintah untuk memberikan edukasi aman berlalu lintas melalui guru PAUD.

Ia berharap, melaui pembelajaran yang akan diberikan kepada guru PAUD ini  memberikan kemudahan dan inspirasi bagi para guru PAUD se DIY sebagai edukasi keselamatan berkendara dan berlalu lintas. Terlebih jika tempat sekolah PAUD ini dekat dengan jalan raya. Sehingga anak bisa memahami pentingnya keselamatan berlalu lintas sesuai yang diajarkan oleh para guru mereka. (*/SDs )

Komentar