Tampil Dengan Kemasan Botol Kaca, Akkar Juice Bar Makin Diminati

Teras Malioboro News – Berbagai merek juice beredar dipasaran. Sebagian besar memakai kemasan plastik dan beberapa diantaranya menggunakan perisa rasa. Untuk itu, Akkar Juice Bar tampil dengan konsep yang berbeda. Juice ini dikemas dengan botol kaca kekinian agar tak menambah jumlah sampah plastik dan mencemari lingkungan.

“ Kami sengaja memilih kemasan botol kaca agar lebih ramah lingkungan. Usai meminum juice, konsumen dapat mengembalikan botolnya dan kami hargai Rp.3000 tiap botolnya. “ ujar Katarina Wina (29) selaku Owner Akkar Juice Bar  kepada wartawan Jumat lalu .

Dijelaskan Wina, dengan kemasan botol kaca ini ternyata banyak diminati konsumen. Hal itu dilihat dengan semakin meningkatnya jumlah botol kaca yang dikembalikan kepadanya. Selain konsumen merasa lebih hemat, penggunaan botol kaca ini juga terbukti lebih sehat karena tidak ada reaksi antara kemasan dengan juice-nya.

Baca Juga : BRI Salurkan Kredit Rp 790 Triliun untuk 22 Juta UMKM

Wina menjelaskan, Akkar Juice Bar tahun 2020, Wina fokus terhadap minuman dan makanan yang tidak hanya mengenyangkan namun juga penting untuk kesehatan. Sebab, berdasarkan data yang diperolehnya, 90 persen orang indonesia kurang mengkonsumsi buah dan sayur dengan berbagai alasan seperti kurangnya waktu ataupun tidak terbiasa memakan buah dan sayur. Sehingga dari situlah Wina membuat berbagai kombinasi buah dan sayur yang bisa dinikmati oleh customer.

” Meski cukup banyak yang concern, tetapi awalnya sulit . Kemudian, tahun 2020 terjadi pandemi, namun seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat jumlah konsumen juga ikut meningkat. Bahkan produk ini dapat menginspirasi banyak orang, mencoba hal baru dengan mencoba produk kita. Selanjutnya, pada tahun 2020-2022 sekitar 10 persen peningkatan customer dilihat dari pengembalian botol dan repeat order,” jelas Wina

Selain rasanya yang enak, pihaknya juga mendukung program pemerintah yakni zero sampah anorganik. Wina mengatakan, pemilahan sampah dari buah dan sayuran sudah dilakukan dirinya sejak berdirinya Akkar Juice Bar.

Baca Juga : Resmikan Gedung Griya Cipta dan Rekayasa, MAK Perkuat Ekosistem Industri Manufaktur di DIY

Wina mengatakan, respon pelanggan terhadap upaya yang dilakukannya yakni minuman dengan penggunaan botol kaca ini sangat diminati walaupun butuh proses dalam membiasakan diri menggunakan bahan ramah lingkungan tersebut.

“Dilihat dari penjualan, respon di sosial media, dan pemberian edukasi, responnya cukup baik. Kita banyak melakukan semacam event dan mengundang komunitas sehingga aktif bersama,” ujar Wina.
Kemasan jus didalam botol ini juga bisa dikirim ke beberapa daerah seperti Jakarta dan Surabaya dengan maksimal estimasi pengiriman dua hari.

Sebab bahan yang digunakan alami, sehingga mempengaruhi masa kualitas pangan atau umur produk yakni maksimal tiga hingga empat hari saja. Setiap jus yang dibuatnya memiliki manfaat masing-masing seperti varian Glow Tonic wortel, pir, lemon, dan jeruk yang banyak penggemarnya karena kandungan vitamin C. Adapun Hangover Doctor yang berisi wortel, bit, apel, timun, lemon yang gunanya untuk melancarkan peredaran darah dan memenuhi metabolisme tubuh.

Hingga kini Akkar Juice Bar memiliki tiga cabang yakni di cabang Tamansiswa di Jalan Taman Siswa, Wirogunan Kota Yogyakarta, cabang Moses di Jalan Moses Gatotkaca No.A17, Mrican, serta cabang Tugu di Jalan Pakuningratan No.65, Cokrodiningratan Yogyakarta. (*)

Komentar