Tampil Feminin dan Sporty Dengan Amerie

Rancangan Terbaru Disainer  Lanny Amborowati

Teras Malioboro News —  Disainer Lanny Amborowati terus berkarya menciptakan rancangan busana terbaru. Kali ini Lanny menampilkan sebuah rancangan eksotik bertajuk “ Amerie “  yang terinspirasi dari  semangat anak muda yang  selalu aktif berkreasi.

Rancangan  terbaru disainer Lanny Amborowati ini sempat ditampilkan dalam  Festival Batik 2022  yang berlangsung di JEC beberapa waktu lalu .  Bahkan, rancangan  ini  merupakan salah satu karya yang banyak diminati  pengunjung .

“  Amerie ini sebagai simbul seorang wanita yang pemberani, tangguh dan kuat dan mampu menghadapi segala macam tantangan.  Jadi,  itu gambaran wanita masa kini yang sangat menginspirasi saya menciptakan rancangan busana tersebut. “ ujar Lanny kepada Teras Malioboro News , belum lama ini

Dijelaskan Lanny,  melalui rancangan busananya ini dirinya ingin menyampaikan pesan  kepada masyarakat bahwa sekarang ini seorang wanita dituntut mampu mengatasi segala kondisi.  Sebab, wanita saat ini  bukan lagi golongan kelas dua atau “ teman dapur “, tetapi posisi wanita saat ini sudah sejajar dengan kaum pria. Kekuatan kaum wanita ini yang  kemudian diwujudkan dalam tema rancangan army look atau  military look, sebagai gambaran sebuah keberanian.

“ Rancangan ini mengambil inspirasi dari pakaian militer.  Tetapi sisi feminin dan maskulinnya saya tampilkan secara seimbang  “  tegas Lanny.

Ammerie, dikerjakan diatas kain textile  batik tulis katun Primissima, Linnen Ramie, Katun Kinan dan Katun Bordir Lannytex.   Warna lebih  banyak di dominasi hijau, hitam, putih,kuning, abu-abu dan coklat dengan style yang lebih menonjolkan androginy dan sporty.

Oleh karena itu,  pakaian ini sangat cocok untuk dipakai dalam suasana  santai , semi formal. Apalagi jika kemudian ditrambah dengan asesoris topi baret sehingga menambah kesan gagah. Selain itu, rancangan busana ini juga sangat  cocok jika kemudian dikombinasikan dengan blouse,  hoodie jaket, long cardi dan trouser.

Meskipun rancangan terbaru Lanny Amborowati ini   mengambil tema Army, namun tampilan casual sporty.  Dengan batik motif  army ini   akan memberikan kesan friendly , walaupun dengan tampilan military look. Sehingga diharapkan motif batik ini lebih mudah diterima oleh anak muda sampai dengan dewasa.

Tegas

Ide gaya busana militer dalam rancangan terbaru Lanny Amborowati ini diperhalus melalui siluet dan bahan material yang lebih soft dan comfortable , lentur mengikuti bentuk tubuh namun tetap terlihat gagah. Seperti bahan linen dan cotton yang sangat nyaman terutama untuk cuaca tropis seperti di Indonesia serta sangat wearable , mudah digunakan dan mudah untuk bergerak .

Rancangan busana “Amerie”  ini menonjolkan karakter kuat dan tegas, sehingga siapapun yang mengenakan busana ini akan  memperkuat  karakter dari pemakainya.

Dalam mengerjakan rancangan busana terbarunya ini, Lanny mengatakan bahwa dirinya bekerjasama dengan sejumlah perajin batik dari Blora yang  dinilainya punya karakter batik yang sangat kuat.  Oleh karena itu, saat Festival Batik  2022 beberapa waktu lalu, sejumlah perajin batik  Blora juga diboyong ke Jogja.

Pertemuannya dengan pembatik Blora berawal dari  event “ Blora Fashion Week  2022“ yang diinisasi oleh Pemkab Blora. Secara kebetulan Lanny terpilih menjadi disainer tamu dan disana dia ‘ dijodohkan’ dengan para perajin batik tradisional  Blora.  Dari pertemuan  tersebut ,  kemudian lahir sejumlah rancangan busana dan salah satunya  adalah   rancangan “ Amerie “ ini.  ***

Komentar