Tertib Berlalu Lintas Perlu Diedukasi Sejak Dini

Headline1, Jogja Raya130 Dilihat

Teras Malioboro News — Menyambut   Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas)  yang  diperingati setiap 17 September, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta  Selasa (12/9/2023) menggelar kegiatan edukasi tertib berlalu lintas kepada  para pelajar TK se Kota Yogyakarta di Taman Edukasi Keselamatan Lalu Lintas Yogyakarta yang berada di Kompleks Terminal Giwangan.

Dalam kegiatan itu anak-anak TK mendapatkan edukasi rambu-rambu lalu lintas antara lain dilarang parkir, dilarang berhenti, larangan kendaraan mobil lewat dan lainya. Anak-anak juga dikenalkan tentang warna-warna lampu pada Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) seperti merah kendaraan harus berhenti, kuning hati-hati dan hijau kendaraan boleh berjalan.

Anak-anak juga melakukan praktik berkendara dengan sarana sepeda, mobil listrik dan otoped yang dipandu petugas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta di Taman Edukasi Keselamatan Lintas.

Penjabat Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo menyampaikan, peringatan Harhubnas hendaknya dapat  menjadi momentum  untuk menumbuhkan kesadaran tertib berlalu lintas sejak dini. Oleh karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi penyelenggeraan kegiatan tersebut.

Baca Juga : Bus Sekolah Gratis Si Bona Resmi Dioperasikan  

Kemudian,  melalui edukasi itu diharapkan anak-anak tumbuh menjadi generasi tertib berlalu lintas untuk keselamatan bersama.  Kesadaran  tertib lalu lintas  harus ditumbuhkan melalui sebuah pembiasaan. Untuk itu,  masyarakat seperti sekolah dapat memanfaatkan Taman Edukasi Keselamatan Lalu Lintas Yogyakarta, secara gratis untuk segala kegiatan yang bersifat edukatif.

“Ini adalah komitmen dari Pemkot Yogyakarta untuk mengedukasi mulai dari anak-anak dan nantinya tumbuh generasi yang tertib lalu lintas untuk keselamatan,” kata Singgih ditemui saat edukasi keselamatan lalu lintas.

Menurut Singgih, Taman Edukasi Keselamatan Lalu Lintas adalah satu ruang terbuka hijau publik yang istimewa karena dilengkapi dengan sarana rambu lalu lintas untuk edukasi keselamatan berlalu lintas. Anak-anak bisa mempraktikan langsung keselamatan berlalu lintas seperti menggunakan helm dan berkendara dengan mematuhi marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas. Tempat itu dinilai sangat baik untuk menanamkan kedisiplinan dan ketertiban lalu lintas guna keselamatan bersama.

Sementara itu,  Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho menambahkan,  edukasi keselamatan berlalu lintas dilakukan sejak dini atau anak karena pada usia emas sehingga diharapkan tertanam sampai dewasa.

Baca Juga :Pemkot Jogja Minta OPD Nglarisi Produk UMKM

Taman Edukasi Keselamatan Lalu Lintas Yogyakarta itu hampir setiap hari menerima kunjungan dari anak-anak TK dan SD di Kota Yogyakarta. Fasilitas taman berupa wahana lalu lintas jalan yang dilengkapi marka, rambu-rambu dan APILL serta sepeda kayuh, mobil listrik dan otoped.

Adapun beberapa kegiatan diadakan untuk memperingati Harhubnas tahun 2023 di Kota Yogyakarta antara lain kegiatan olahraga sepakbola, kerja bakti membersihkan rambu dan bakti sosial dan pekan keselamatan lalu lintas dengan edukasi bagi anak TK, pembagian brosur atau buku keselamatan serta pendataan dan pembinaan becak kayuh. (*/SDs )

Komentar