Tiap Ramadhan Masjid Al Fallah Rutin Menggelar Kegiatan Sosial, Ini Salah Satunya

Teras Malioboro News—Ada yang berbeda dari aktivitas rutin Masjid Al Fallah di kompleks Perumahan Margorejo Asri (MPA) Sleman, DIY. Saat bulan Ramadhan, masjid yang berdiri di dalam kompleks sebuah perumahan di wilayah Medari Sleman ini, memiliki agenda rutin yang boleh jadi jarang dipunyai masjid-masjid lain. Agenda itu adalah bakti sosial berupa aksi donor darah massal.

Donor darah sendiri, merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid Al Fallah. Selain donor darah, takmir masjid ini juga mengadakan pembagian ZIS.

Takmir Masjid Al Fallah, H Rohman Agus Sukamto menjelaskan, aksi donor darah massal melibatkan jajaran takmir, jamaah hingga warga di sekitarnya. Kegiatan ini digelar Jumat (31/3/2023) malam, usai sholat tarawih.

Sebanyak 45 orang, ikut mendonorkan darahnya, dengan perolehan sebanyak 30 kantong darah. Kegiatan ini, dimaksudkan sebagai bagian dari upaya mendukung Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Sleman, dalam mengamankan cadangan darah selama Ramadhan 1444 Hijriah dan musim libur lebaran Idul Fitri 2023.

“Pada Bulan Ramadhan, Allah akan melipatgandakan ibadah yang dilakukan oleh orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih,” kata Roham Agus Sukamto dalam rilisnya, Sabtu (1/4/2023).

baca juga:Bersyukur Mengundang Bahagia

Takmir masjid Al Fallah, kata Agus, selalu berusaha untuk senantisa meramaikan dan memakmurkan ibadah-ibadah di Bulan Ramadhan, serta selalu ingin membuat suasana Ramadhan menjadi meriah dengan berbagai kegiatan ibadah dan sosial. Harapannya, akan mendapatkan ridho dan pahala dari Allah.

Selain kegiatan ibadah seperti buka puasa bersama, kajian rutin menjelang berbuka, TPA, sholat tarawih, tadarus, pentasarufan kepada anak yatim, pembagian ZIS dan donor darah.

Tokoh muda muslim PMA, Gus Udin menambahkan, kegiatan ini merupakan giat rutin kerja sama antara Takmir Masjid Al Fallah dengan PMI Kabupaten Sleman yang dilakukan secara rutin setiap tahun di Bulan Ramadhan.

Gus Udin menambahkan, bahwa kegiatan ini dilakukan dengan latar belakang semangat berbuat kebajikan di Bulan Ramadhan yang penuh barokah. Juga disemangati lantaran begitu besarnya manfaat kebutuhan darah yang dibutuhkan untuk sesama.

Di samping perlunya stok dan cadangan kebutuhan darah di PMI Sleman yang harus dipersiapkan apalagi dalam Bulan Ramadhan maupun saat Idul Fitri nanti.

“Kami mengadakan secara rutin setiap Ramadhan. Alhamdulillah kegiatan sosial kemanusiaan ini selalu mendapat respon dari masyarakat di Perumahan Margorejo,” kata Udin.

baca juga: Kenaikan Harga Emas Picu Peningkatan Transaksi Gadai Emas di Pegadaian

Gus Udin mengaku sangat berterimakasih atas dukungan takmir, jamaah dan warga di perumahan. Terlebih, informasi yang ia dapat, bahwa selama Bulan Ramadhan, perjuangan PMI mendapatkan pendonor biasanya mengalami penurunan karena sebagian besar pendonor sedang berpuasa. (suwarjono)

Komentar