“ Time & Place “, Ekplorasi Dua Seniman Atas Ruang Dan Waktu

Teras Malioboro News –  Sebanyak 8 buah lukisan karya  perupa Ahmad Ali dan Godek Mintorogo mulai Senin (7/3/2023 )  dipamerkan di Artotel Artspace Jalan Urip Sumaharjo, Yogyakarta.

Pameran bertema “ Time &  Place “ ini dimaknai sebagai sebuah autentisitas suatu momen dan kejadian sebagai bagian dari fenomena sehari-hari. Para seniman menuangkan gagasannya melalui karya seni dengan gaya khas masing-masing.

Ahmad Alwi yang merupakan seniman kelahiran Bantul,Yogyakarta, mengungkapkan gagasan dan ide-nya melalui sejumlah bentuk abstrak.

Baca Juga : Perjuangkan ISI Jadi Perguruan Tinggi Seni Terkemuka Dunia

Namun, dalam  menterjemahkan“waktu dan ruang”, fenomena sosial pun dituangkan di atas kanvas. Salah satu karya  berjudul  “Protect Each Other #2  menegaskan  mengenai hak dan kewajiban manusia untuk saling melindungi serta dilindungi oleh sesama.

Bersamaan dengan karya tersebut,empat karya lain turut hadir menghiasi ARTSPACE, antara lain “Only in December.”, “ New Life”,” dan. Urbex (Urban Explorer).” ujar Ahmad Alwi  kepada  sejumlah awak media disela-sela acara pembukaan pameran  Selasa (7/3/2023).

Sementara itu, Godek Mintorogo yang kali ini memamerkan  4 buah  karyanya menambahkan,  hasrat dan semangat dalam memaknai “waktu dan ruang” pada proses menghasilkan karya-karya seni dapat berasal dari gagasan beragam: termasuk kegelisahan dalam menyampaikan buah pikiran.

Perupa Ahmad Alwi Dengan Latar Belakang salah satu karyanya

Oleh karenanya  sejumlah karya yang dipamerkan kali ini pun lahir dari hasrat yang tidak terbendung mengalir seiring berjalannya waktu,

Menariknya,  dalam  menuangkan ide terkait keberadaan waktu dan ruang Godek tak membutuhkan kuas  karena cat langsung dituang dari tube-nya. Dan hasilnya adalah lukisan timbul  yang penuh warna.

“ Hampir semua karya saya lahir dari apa yang saya pikirkan secara spontanitas.  Dan karya-karya saya ini merupakan pencapaian dari perjalanan saya selama bertahun- tahun. “ ujar Godek.

Baca Juga : Perjuangkan ISI Jadi Perguruan Tinggi Seni Terkemuka Dunia

Ditambahkan Godek, karya-karya yang dipamerkan seperti: “ Merawat Ingatan #l, Merawat Ingatan #2, Study Bentuk #I. Study Bentuk #2, Godek Mintorogo kembali mengingatkan kembali bahwa selalu ada hari esok untuk terus berkarya.

Pada sisi yang lain,  Art Director Artotel Group Windi Salono menjelaskan, Artotel Art S[ace   senantiasa mendukung seniman tanah air, berfokus pada seniman lokal serta  seniman dari kota-kota lainnya. Dengan pameran ini masyarakat dapat mengetahui lebih dekat seniman-scniman ‘ndonesia lewat program pameran yang kami rancang secara berkala di Artotel Artspace.

“ Pameran“Time & Place” memberi kesempatan seluruh pihak untuk menikmati dan menyimpan memori terbaik pada kesempatan-kesempatan berharga. Kami berharap kesempatan baik ini dapat menjadi memori terbaik di waktu dan tempat terbaik pula. “ ujar Windi (*/SDs )