UCY Goes to Masjid

Program Andalan Ramadhan PDPM UCY

Pendidikan40 Dilihat

Teras Malioboro News – Salah satu program andalan PDPM UCY (Pusat Dakwah dan Pembangunan Masyarakat Universitas Cokroaminoto Yogyakarta) di bulan Ramadhan 1444 H mendatang adalah UCY  Goes to Masjid. Hal ini merupakan salah satu hasil keputusan rapat terbatas pengurus di kantor PDPM UCY (Selasa, 31/1).

UCY Goes to Masjid sendiri merupakan program menyediakan relawan untuk menjadi imam dan penceramah pada sholat Isya dan Taraweh di masjid-masjid sekitar D.I.Yogyakarta. Hal ini, dari sudut universitas, sebagai bagian dari implementasi Tri Dharma perguruan tinggi. Dalam aspek pengabdian masyarakat.

Sedangkan bagi masyarakat dan khususnya umat Islam. Program ini menjadi solusi bagi masjid-masjid yang mengalami kesulitan mencari imam dengan bacaan yang baik sekaligus penceramah dengan penyampaian yang menarik, di bulan Ramadhan.

Sebagaimana kita ketahui, selama Ramadhan, kebutuhan imam dan penceramah sholat taraweh, meningkat tajam. Karena seluruh masjid dan sebagian besar mushalla mengadakan acara yang sama di waktu yang bersamaan pula. Namun sayangnya, peningkatan kebutuhan tersebut, tidak sebanding dengan ketersediaan imam dan penceramah yang baik.

“PDPM UCY akan membuka pendaftaran bagi relawan UCY Goes to Masjid, pada tanggal 10 sampai 20 Februari 2023. Selanjutnya, para relawan yang telah mendaftar, akan kami beri pembekalan pada 7 Maret 2023,” ungkap Dra.Hj.Difla, MS, selaku Ketua PDPM UCY.

“Sementara itu, pendaftaran bagi masjid-masjid yang berminat, kami buka mulai tanggal 23 Februari sampai tanggal 9 Maret 2023. Kami berharap, program ini mampu mendekatkan UCY dengan masyarakat,” tambahnya melengkapi.

Di samping program UCY Goes to Masjid, ada beberapa program menarik lainnya yang digeber PDPM UCY. Di antaranya, Pelatihan Khotib untuk Generasi Melinial. Berbuka dan Sahur on The Road. Berbuka dan Berbagi Bahagia dengan Anak Yatim Dhuafa. Pelatihan Baca Al Quran dan Tahsin.

“Kami ingin, bulan Ramadhan kali ini benar-benar berpayung berkah. Sesuai dengan tema yang diusung. Ramadhan Mubarak, dari UCY untuk Umat,” pungkas Hj. Rahayu, M.Pd, pengurus teras PDPM UCY dan pakar di bidang qiroatul Quran.***

Komentar