UMKM Mitra Mbizmarket Bejibun, Tapi Hanya Sedikit yang Bisa Menyuplai Pemkab

Berita, Headline143 Dilihat

Teras Malioboro News—Toko daring Mbizmarket yang diinisiasi oleh Pemkab Sleman, saat ini memiliki 684 UMKM. Namun baru sebagian kecil dari mitra, yang saat ini bisa memasok atau diakses oleh Pemkab Sleman. Sisanya, atau sebagian besar dari mitra, belum bisa diakses lantaran berbagai sebab.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman Haris Martapa mengatakan,  saat ini terdapat sebanyak 684 UMKM Sleman yang telah menjadi mitra Mbizmarket. Ia menyebut dari jumlah UMKM yang bermitra dengan Mbizmarket, belum semua dapat diakses pemerintah dikarenakan berbagai faktor.

Haris menuturkan, Dinas Koperasi dan UKM Sleman terus berupaya mendorong keterlibatan pelaku UKM sektor usaha penyediaan akomodasi dan makan minum untuk bermitra dengan Mbizmarket. Upaya tersebut, diantaranya melalui sosialisasi, menguatkan kelembagaan dan juga legalisasi produk baik melalui fasilitasi PIRT maupun halal.

baca juga : Pihak GK Balik Menyerang, Siap Melaporkan Kuasa Hukum RO

“Bahkan setelah temu usaha ini, kami juga akan melakukan pembinaan pada pelaku UMK yang sudah mendapatkan order, mengingat terdapat beberapa pelaku UMK yang tidak tepat dalam pencantuman legalitas dan juga dalam penerapan legalisasi perizinan,” kata Haris, saat kegiatan Temu Mitra UMKM yang terdaftar dalam Mbizmarket, di Pendapa Parasamya Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Selasa (21/2/2023). Temu Mita UMKM ini, dimaksudkan sebagai bagian mengoptimalkan penggunaan produk dalam negeri serta meningkatkan transaksi OPD terhadap produk lokal dalam Mbizmarket.

Kegiatan temu mitra UMKM dihadiri sebanyak 50 pelaku usaha terdiri dari 26 pelaku UMK penyedia makanan ringan, 24 pelaku UMK penyedia makan. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sleman.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat membuka kegiatan mengatakan, bahwa Pemkab Sleman telah menerapkan pemanfaatan produk lokal dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah khususnya melalui Mbizmarket. Kebijakan tersebut merupakan bentuk keberpihakan pemerintah dalam penguatan eksistensi UMKM.

baca juga : Melalui Orbit MiFi, Pelanggan Makin Mudah Mendapatkan Layanan Internet Portabel

“Transaksi pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui Mbizmarket merupakan salah satu bentuk komitmen untuk mengutamakan pemberdayaan dan pemasaran produk UMKM,” jelas Kustini.

Temu mitra UMKM Mbizmarket ini, juga merupakan salah satu upaya mempertemukan OPD dengan UMKM Sleman mitra Mbizmarket. Sehingga dapat memperkenalkan produk UMKM sekaligus memberikan wawasan dan pengetahuan tentang proses pengadaan barang/ jasa melalui toko daring dan pengelolaan usaha toko daring kepada UMKM mitra Mbizmarket yang belum bertransaksi. (suwarjono)

 

Komentar