Universitas Tadulako Kirim 3 Orang  Dosen Guna Magang di Cornellia & Co

Headline1, Pendidikan118 Dilihat

Teras Malioboro News –  Bukan hanya mahasiswa yang butuh magang, tetapi juga para dosen. Sehubungan dengan hal tersebut, Cornelia & Co mendukung Program Magang Dosen dan Dunia Usaha (DUDI ).

Founder dan CEO Cornelia & Co  Dr. Ayu Cornellia  menjelaskan,  Program Magang Dosen merupakan salah satu wujud Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI untuk mendukung  Program Kebijakan Kampus Merdeka (PKKM) .

“ PKKM ini merupakan program kompetisi terbuka dengan sistem seleksi berkelompok (tiered system) yang bertujuan meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, menguatkan mutu dosen dan relevansi pendidikan tinggi, menguatkan mutu dosen dan tenaga kependidikan, serta menguatkan sistem tata kelola Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti). “ ujar Ayu dalam rilis media yang diterima redaksi Senin (7/8/2023).

Baca Juga : Cornelia n Co Berbagi Konsep Pemasaran Produk Usaha

Ditambahkan Ayu, salah satu pemenang kompetisi ini adalah  Prodi Ilmu Komunikasi, Fisip, Universitas Tadulako yang berlokasi di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah mengirimkan t3  orang tenaga pengajar mengikuti Program Magang Dosen selama 6 hari mulai 31 Juli sampai 4 Agustus di kampus  Univeritas Muhammadiyah Yogyakarta dan  Lembaga Cornellia & Co

Program Magang Dosen kali ini menjadi pengalaman pertama  bagi Cornellia & Co. Selama ini baru magang mahasiswa yang telah berjalan cukup lama. Program Magang Dosen ini menjadi salah satu wujud kepedulian  Cornellia & Co terhadap pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, sehingga senang dan terbuka untuk belajar dan tumbuh bersama.

Program Magang Dosen pada Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) diawali dengan kegiatan CSR pada Senin, 31 Juli 2023 bertempat di desa Wisata Ngestirejo, Tanjungsari Kabupaten Gunung Kidul.

Baca Juga :Cornelia n Co dan Komunitas ICE Berbagi Tips  Membuat Lilin Dari Minyak Bekas

Dosen Magang Rizqy Alfiyaty, S.Sos., M.A. diberikan kesempatan untuk turut dalam kegiatan CSR Pelatihan Marketing guna menunjang penjualan UMKM desa Wisata Ngestirejo.

Selanjutnya pada Selasa, 1 Agustus 2023 Dosen Magang diajak untuk menyaksikan proses produksi dokumentasi kehumasan dalam program Wilujengan Dinas Kebudayaan dalam rangka pemugaran situs budaya Masjid Kauman Pleret. Rabu, 2 Agustus 2023 kegiatan magang dilanjutkan dengan turut menjdi bagian dalam event Pameran di Museum sonobudoyo yang terletak di titik nol KM Yogyakarta.

Dilanjutkan dengan kegiatan media visit ke beberapa pimpinan redaksi media di Yogyakarta. Kegiatan magang  fokus kepada praktek pembuatan press release serta pembuatan sosial media plan.

Kemudian, bertempat di desa wisata Ngoro-Oro kegiatan berlanjut seputar diskusi pengelolaan sampah plastik yang tengah menjdi konsen Daerah Istimewa Yogyakarta sekaligus menjadi penutupan kegiatan Dosen Magang.

Baca Juga :Cornelia & Co Berbagi Kiat Komunikasi Untuk Kampanye Kesehatan

Rizqy Alfiyaty, S.Sos., M.A. menjadi salah satu tenaga pengajar yang magang di Cornellia & Co (PR & Marketing Agency) di Yogyakarta.  Menurutnya,  pengalaman dirinya beserta  tim selama hampir seminggu  di Lembaga Cornelia &Co  seperti mengikuti perkuliahan lapangan. Selain banyak ilmu, pengalaman dan relasi baru  di dapatkan.

“  Bahan diskusi tidak hanya seputaran dunia professional kerja tapi sharing tentang keluarga, masakan, dan lainnya membuat intensitas komunikasi makin hangat” ujar Rizky

Baca Juga : Terjun ke Lokasi KKN, 827 Mahasiswa UII Mendapat Perlindungan BPJamsostek

Proses Magang Dosen ini dibimbing langsung oleh Dr. Ayu Helena Cornellia selaku direktur utama dari Cornellia & Co, beserta tim.

Magang dilakukan dengan pemberian materi serta terjun langsung menyaksikan tugas pokok dan fungsi terkait Public Relations, seperti halnya Media Relations, Sosial Media Plan, Handling Clients, CSR, Event Management, Photography Kehumasan dan lainnya.

Tidak hanya materi, pemberian tugas berupa press release dan social media plan, serta keterlibatan langsung dalam setiap meeting, koordinasi, kunjungan lapangan bersama tim Cornellia & Co diharapkan memberikan insight dan pengalaman berharga.  (*/SDs )

Komentar