UNY Berpartisipasi pada Ajang AHEC 2023

Teras Malioboro News, Bandung – Universitas Negeri Yogyakarta pada 24-26 Agustus 2023 ikut serta dalam   Konferensi Internasional dan Pameran “ASEAN Higher Education Conference” (AHEC) 2023 yang berlangsung di Gedung Merdeka dan Grha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

Acara dibuka secara simbolis oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Prof. Nizam, Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, dan Wakil Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Prof. Dr. Arif Satria, M.Si.

Pada sambutannya Rektor Unpad Bandung Prof. Rina Indiastuti menyampaikan bahwa AHEC 2023 memiliki dua momentum, bagi Unpad yaitu sebagai rangkaian kegiatan dies dan sebagai upaya mendukung Indonesia sebagai Ketua ASEAN pada 2023.

Baca Juga : Mahasiswa UNY Rancang Balancing Bike Dari Serat Rami

Education and Innovation Expo AHEC 2023, diikuti lebih dari 29 stan perguruan tinggi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Tema kegiatan ini “Higher Education as the Epicentrum of Growth” dengan isu teknologi dan energi, kesehatan, lingkungan, pertanian, dan kebudayaan. Stand UNY nampak beda dengan yang lain, karena menempati 2 stand dengan produk=produk yang menarik.

Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, dan Usaha, Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. selaku penanggung jawab kegiatan delegasi dari UNY menyampaikan produk yang dipamerkan semoga bermanfaat dan sukses.

Baca Juga Ini Dia Resep  Choco Ball  Kelapa  Karya Mahasiswa UNY . Patut Dicoba Sebagai Camilan

“UNY mengirim tim produk-produk untuk hilirisasi  kemudian hasil yang dimiliki atau yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dapat dirasakan oleh semua pihak masyarakat Indonesia. Sehingga hilirisasi ini menjadi nafas kita untuk mendesiminasikan berbagai produk yang ada termasuk juga untuk berkolaborasi dengan lintas perguruan tinggi baik dalam negeri maupun dunia khususnya negara yang tergabung dalam ASEAN,” kata Prof. Margana.

Pada kesempatan ini, UNY mengirimkan produk hasil karya mahasiswa terbaik, diantaranya Bukata: Buntoro Karto tani, ‌Media pembelajaran AR “‌Video klip lagu Daerah sebagai branding desa wisata”, ‌Portal game edukasi berbasis kurikulum merdeka belajar dalam membangun resiliensi dan digital literasi siswa SD, SPD, Aastrobike, ‌sepeda cepat, ‌charlet karbon pembenah tanah, dan Belia skin care

Margana berharap,  AHEC 2023 ini berhasil dan sukses untuk membawa UNY semakin mantap dan jaya dalam rangka uny UBD (universitas berkelas dunia) .  (*/)

Komentar