UNY Jalin Kerjasama dengan 40 Media di Yogyakarta

Teras Malioboro News – Sebagai tindak lanjut dari perubahan status dari PTN BLU menjadi PTN BH, Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY ), Selasa (15/8/2023) melakukan langkah strategis dengan menjalin kerjasama dengan 40 media lokal dan nasional yang berkantor di Yogyakarta .

Kerjasama secara simbolis dilakukan dengan penanda tanganan memory of understanding (MoU)  antara Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama , Sistem Informasi dan Usaha Prof.DR.Margana dengan beberapa perwakilan media, termasuk didalamnya terasmalioboronews.com.

Dalam sambutannya, Prof.Dr.Margana menyampaikan, UNY mempunyai cita-cita untuk meningkatkan kualitas menjadi PTN berkelas dunia . Untuk itu, UNY akan mengepakkan sayapnya tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri, sehingga tahun ini akan menjadi titik tumpu tahun kebangkitan dalam segala hal.

” Mass Media merupakan mitra UNY untuk berkolaborasi dalam berbagai hal. Sebab ada beberapa program kegiatan yang dapat dikolaborasikan, salah satunya adalah Program Praktisi Masuk Kampus yang merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka. ” ujar Margana dihadapan para pimpinan media dan pimpinan Fakultas yang  hadir pada kesempatan tersebut.

Pemimpin Perusahaan Teras Malioboro News Sujarwo Putra ( kiri ) dan Wakil Rektor Bidang Riset Kerjasama Sistem Informasi Usaha Prof DR Margana menunjukkan dokumen MoU kerjasama.

Baca Juga : MPI UNY Luncurkan Logo Baru

Sehubungan dengan hal tersebutMargana meminta kepada jajaran pimpinan Fakultas untuk bersama-sama mengambil peran dalam kolaborasi yang dilakukan dengan media massa ini. Selain itu, kolaborasi juga dapat dilakukan dengan melakukan pengembangan SDM dari perusahaan Mass Media melalui Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) seperti yang dilakukan UNY dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

” Selain itu, soal magang juga bisa kita kolaborasikan dari para mahasiswa ke berbagai kantor redaksi media massa agar mereka memiliki pengalaman yang luar biasa sebagai sarjana pendidikan maupun sarjana lain yang berwawasan media massa., sehingga mahasiswa mengenal evironment yang sesungguhnya yang dapat menunjang mereka menjadi lulusan yang unggul, kreatif, inovatif yang berkelanjutan ” tandas Margana.

Margana juga berharap agar semua kegiatan UNY yang bersifat akademis maupun pengabdian dapat diinformasikan kepada masyarakat melalui berbagai liputan serta memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dan pars dosen untuk mempublikasikan karya tulis yang mereka miliki dalam rangka untuk menghilirisasi berbagai kegiatan riset maupun Pengabdian Pada Masyarakat yang dilakukan oleh UNY.

 

Baca Juga : Wisudawan Terbaik UNY, Raih IPK Tertinggi  Karena Gemar  Membaca

Menanggapi tawaran UNY, Pemimpin Perusahaan Teras Malioboro News Sujarwo Putra menyampaikan, kolaborasi antara perguruan tinggi dan media massa memiliki potensi untuk meningkatkan komunikasi, penyebaran pengetahuan, serta pengembangan masyarakat yang lebih informasional dan berpendidikan. Melalui kolaborasi ini, perguruan tinggi dan media massa dapat saling melengkapi dan menciptakan sinergi yang bermanfaat bagi semua pihak.

“ Perguruan tinggi memiliki sumber daya akademik yang mendalam, termasuk para ahli dan peneliti yang menghasilkan pengetahuan baru. Sedangkan media massa sebagai alat komunikasi massa dapat membantu menyampaikan pengetahuan ini ke audiens yang lebih besar dan beragam. Untuk itu, kolaborasi semacam ini tinggal ditindak lanjuti secara teknis. ” ujar Sujarwo. (*/)

Komentar