UNY Kembali Kukuhkan  9 Guru Besar Baru

Headline1, Pendidikan186 Dilihat

Teras Malioboro News – Universitas Negeri Yogyakarta Kembali  menambah koleksi guru besarnya. Kali ini, sebanyak 9 guru besar baru Universitas Negeri Yogyakarta dikukuhkan pada Sabtu (30/12) di Performance Hall Fakultas Bahasa Seni dan Budaya UNY.

Guru besar yang dikukuhkan berasal dari 4 Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Fakultas Bahasa Seni dan Budaya, Fakultas Teknik serta Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

Rektor UNY Prof. Sumaryanto  menyampaikan, 9 guru besar ini merupakan edisi ketiga pidato guru besar tahun 2023 dimana tahun ini ada 38 guru besar yang sudah melaksanakan pidato Edisi pertama bulan Mei telah berpidato 15 guru besar dan edisi kedua bulan Agustus telah berpidato 14 guru besar. Hal ini merupakan peningkatan setelah tahun 2022 UNY mengukuhkan 22 guru besar dan 2021 mengukuhkan 19 guru besar.

Baca Juga : Kampung Emas Margo Agung, Bakti Rektor UNY Terhadap Tanah Kelahiran

“ Dalam tiga tahun terakhir telah dikukuhkan 79 guru besar. Dosen UNY berjumlah 1401 orang dan yang telah memperoleh jabatan fungsional guru besar 150 orang. Rektor juga mengungkapkan bahwa kualitas program studi yang handal apabila indeks prestasi tinggi, mahasiswanya cepat lulus, mendapat pekerjaan sesuai passion dan gajinya serta masa tunggu rendah. “ ujar Sumaryanto

Ditambahkan Sumaryanto,   pihaknya  merasa bangga karena beberapa guru besar kali ini masih berusia sangat muda. Hal itu diharapkan dapat menjadi pemacu semangat bagi dosen lain agar dapat mengejar dan termotivasi untuk menjadi guru besar.  Saat ini sudah ada sebanyak 50 usulan guru besar  yang dimasukkan ke Kemendikbud Ristek dan  diharapkan dapat segera turun. (*/)

Komentar