UNY Tanam 2000 Pohon Cemara Laut Di Sepanjang Pantai Bidara

Headline1, Pendidikan146 Dilihat

Teras Malioboro News — Universitas Negeri Yogyakarta  (UNY) melakukan serangkaian kegiatan di Kalurahan Bugel, Panjatan, Kulonprogo berupa penanaman pohon di Pantai Bidara, Sabtu (18/11/2023). Penanaman pohon  secara simbolis dilakukan oleh Staf Ahli Bupati Kulonprogo Drs. Eko Pranyoto, para Wakil Rektor UNY dan beberapa pejabat setempat.

Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha UNY Prof. Margana mengatakan ,  penanaman pohon ini  merupakan salah satu fokus UNY tentang kepedulian terhadap alam.  Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Pusat Mitigasi Bencana dan Perubahan Iklim Direktorat Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha UNY dengan Yayasan Gajah Sumatra (Yagasu) dibantu Tim PPK Ormawa BEM KM UNY.
Pada tahap awal , saat ini ditanam sebanyak 20 bibit pohon sedangkan target  total bibit pohon yang akan ditanam sebanyak 2000 pohon cemara laut disepanjang pantai yang ada di Kulon Progo.

Dijelaskan Margana, Yagasu adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang fokus pada pemulihan ekosistem mangrove menjadi ekosistem yang baik untuk mendukung keanekaragaman hayati, masyarakat dan iklim, mengembangkan program dan melakukan penelitian ilmiah yang bertujuan untuk melindungi lingkungan dan mengembangkan program kemasyarakatan.

Baca Juga : Bantu Nelayan, Mahasiswa UNY Sulap Air Laut Jadi  Air Bersih

Sementara itu,   Kepala Pusat Mitigasi Bencana dan Perubahan Iklim Dr. Tien Aminatun  menambahkan, vegetasi pantai selain berperan melindungi pantai dari abrasi, juga berperan menyerap dan menyimpan karbon serta mengubahnya menjadi oksigen melalui proses fotosintesis.

Dengan demikian, vegetasi pantai juga berperan dalam mengurangi konsentrasi karbon dioksida yang merupakan gas rumah kaca yang selama ini berperan dalam meningkatkan suhu bumi (global warming) dan memicu perubahan iklim global. Vegetasi  pohon juga berperan untuk mengurangi polusi udara, memberikan naungan, dan menciptakan lingkungan yang lebih hijau serta meningkatkan kualitas udara dan hidup kita.

Baca Juga : UNY  Gelar Pameran Research, Innovation and Industry Expo 2023  

Selanjutnya  Tien Aminatun yang juga Dosen Fakultas MIPA  UNY tersebut menjelaskan, peran vegetasi pantai  sangat penting  guna menjaga ekosistem pantai.  Oleh karena itu, Penanaman pohon tidak hanya berhenti pada kegiatan menanam kemudian ditinggalkan begitu saja,  tetapi akan dilanjutkan dengan pemeliharaan pohon untuk memastikan pohon-pohon tersebut dapat tumbuh dan berfungsi dengan baik dalam tugasnya sebagai pencegah abrasi pantai dan menyerap karbon untuk membantu mengatasi global climate change.

“Kegiatan pemeliharaan ini akan dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Bidara yang akan didampingi oleh Yagasu dan Pusat Mitigasi Bencana dan Perubahan Iklim Universitas Negeri Yogyakarta selama 20 tahun” paparnya. (*/SDs )

Komentar