UNY Terima 123 Mahasiswa Internasional dari 16 Negara

Headline2, Pendidikan105 Dilihat

Teras Malioboro News – Sebagai upaya menciptakan Perguruan Tinggi yang setara dengan kampus kampus international, Universitas Negeri Yoggyakarta ( UNY ) menyelenggarakan perkualiah untuk mahasiswa luar negeri. Para mahasiswa internasional ini, Kamis (14/12/2023) disambut dengan sebuah upacara sederhana bertajuk “ Welcoming Ceremony Internasional Students  UNY 2023 di Ruang Sidang Utama Rektorat, Kampus Karang Malang.

Mahasiswa asing yang diterima UNY berasal dari 16 negara yaitu Bulgaria, Polandia, Burundi, Perancis, Kamboja, Tanzania, Timor Leste dan Sudan masing-masing 1 orang. Kemudian Jepang dan India 3 orang, Kazakhstan dan Mesir 4 orang, Amerika Serikat 6 orang, Thailand 9 orang, Pakistan 15 orang dan China 71 orang.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. DR.Siswantoyo MKes AIFO

Para mahasiswa asing tersebut masuk melalui program Transfer Kredit FBSB 68 orang, UNYDISS 31 orang, Darmasiswa 8 orang, Kemitraan Negara Berkembang 7 orang, Transfer Kredit Princeston 6 orang, dan Mandiri 3 orang.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor I Bidang akademik Prof DR. Siswantoyo MKes AIFO menyampaikan, UNY merupakan salah satu dari 21 Universitas yang masuk dalam klaster 1 di Indonesia.

Sementara, jumlah kampus di Indonesia sekitar 4000 PT , sehingga pilihan para mahasiswa untuk kuliah di UNY ini dinilainya merupakan pilihan yang tepat. Meski demikian, para mahasiswa diharapkan tidak lekas puas dengan ilmu yang didapatkan dari bangku kuliah, karena selain itu masih banyak ilmu berharga yang bisa di peroleh.

“ Budaya Indonesia merupakan harta karun yang tak ternilai harganya. Itu perlu dipelajari dan dibawa ke negara asal kalian. Ini sangat penting sebagai investasi peradaban. “ ujar Siswantoyo dalam sambutannya.

Baca Juga : Berkat UNY, Kazakhstan Sukses Menjadi “Kiblat” Pencak Silat di Asia Tengah dan Eurasia

Ditegaskan Siswantoyo, para dosen yang bertitel Profesor maupun Doktor yang ada di UNY merupakan para dosen berkualitas dalam bidang pendidikan, sehingga selama berada di Indonesia merupakan kesempatan untuk menimba ilmu di UNY.

Ditambahkan Siswantoyo Penerimaan mahasiswa asing di UNY menjadi langkah strategis dalam menghadapi tantangan pendidikan tinggi yang semakin global. Oleh karena itu, saat ini UNY terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang terdiri dari dosen dan tenaga pendidikan .

Penampilan Kesenian Mahasiswa UNY asal Kazakhtan

Baca Juga : UNY Tanam 2000 Pohon Cemara Laut Di Sepanjang Pantai Bidara

Siswantoyo berharap, Melalui penerimaan mahasiswa asing ini , dapat menciptakan lingkungan belajar yang beragam secara budaya. Kehadiran mahasiswa asing membawa perspektif global yang kaya akan budaya, pengalaman, dan gagasan yang dapat memperkaya pengalaman belajar dan mempromosikan pemahaman yang lebih mendalam tentang keberagaman budaya di tingkat global.

Sementara itu, Cycil Belle – salahg seorang mahasiswa S3 asal Perancis- menyampaikan dirinya merasa sangat berbahagia dapat berkualiah dan bertemu dengan mahasiswa lain dari berbagai negara. Untuk itu, selama kuliah di UNY nantinya diharapkan dapat mencapai kesuksesan. Bahkan dirinya bercita-cita dapat menjadi tenaga pengajar di UNY.

“ Siapa tahu dapat menjadi tenaga pengajar di UNY, saya sangat senang. “ ujar Cycil . (*/SDs )

Komentar