Saatnya Kaum Wanita Bangkit Makmurkan Ekonomi Masyarakat

Headline1, Info UMKM104 Dilihat

Teras Malioboro News – Sebagai upaya meningkatkan potensi pelaku UMKM, Paniradya Kaistimewan bekerjasana dengan Dinas Koperasi dan UMKM DIY serta Ikatan Wanita Pengusaha (IWAPI) Bantul, Sabtu dan Minggu (16-17/12/2023) menyelenggarakan kegiatan Gelar Potensi Wira Usaha Inovatif 2023 di Stadion Sultan Agung Bantul.

Kegiatan  yang diawali dengan  Lomba Senam Massa oleh  ratusan Komunitas Perempuan Berkebaya ini  menarik perhatian masyarakat serta pengunjung pameran.

Pada kesempatan tersebut  Bupati Bantul Abdul Halim  Muslih  menyampaikan,  peran perempuan dalam pengembangan ke wirausahaan  di DIY menunjukkan gejala yang semakin besar . Terdapat 53 Persen UMKM yang digerakkan  oleh para perempuan. Ini menunjukkan peran perempuan sangat tinggi dalam pengembangan UMKM.

“  Gelar Potens Wira Usaha Inovatif yang digelar oleh IWAPI ini menunjukkan  kaum perempuan sangat berdaya dan akan terus  di dorong oleh pemerintah dengan berbagai macam program, agar kaum wanita ini dapat bangkit  untuk memakmurkan perekonomian Kabupaten Bantul. “ ujar Halim dalam sambutannya.

Ditambahkan  Halim,  saat ini Bantul sudah semakin terbuka.  Hal itu tidak terlepas dari pembangunan infrastuktur , sehingga Bantul semakin mudah diakses  melalui  jalur bagian selatan.  Kondisi Bantul yang semakin terbuka ini harus kita sambut  dengan membangun perekonomian yang dimulai dari UMKM.  Untuk itu, para pelaku usaha UMKM ini hendaknya melakukan inovasi baik dari sisi kemasan maupun kualitas produk, sehingga produk buatan Bantul mampu bersaing dengan produk dari daerah lain.

Kepala Dinas UMKM Ir. Nurkyat Siwi MMA dan Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Emy Masruroh SPd ikut serta dalam kegiatan senam perempaun berkebaya, mengawal kegiatan Gelar Potensi Wira Usaha Inovatif 2023 di Stadion Triwindu, Bantul Sabtu (16/12/2023)

Baca Juga : Kontribusi UMKM Sangat Besar, Serap 97, 22% Tenaga Kerja

Sementara itu, Kepala  Dinas Koperasi dan UMKM DIY Ir.Sri Nurkyatsiwie MMA menambahkan,  Gelar Potensi Wira Usaha Inovatjf 2023 ini  diselenggarakan guna menjawab permasalahan  yang  dihadapi para pelaku usaha UMKM, sehubungan dengan hal itu maka Dinas Koperasi UMKM DIY memberikan support penuh kepada IWAPI Bantul dalam   pencapaian  Program  1000 Srikandi Pelaku Usaha  Inovatif dengan memberikan pelatihan terhadap 400 pelaku usaha di Bantul .

“ Hari ini kita sajikan hasil dari pelatihan tersebut , sehingga masyarakat dapat melihat dan menikmati produk-produk  UMKM dari dekat.  Dari pameran ini diharapkan ada  masukan-masukan dari masyarakat sehingga para pelaku usaha ini dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas produyknya. “ ujar Siwi.

Bupati Bantul Adul Halim Muslih melakukan pemotongan pita mengawali kegiatan Gelar Potensi Wira Usaha Inovatif 2023 di Stadion Triwindu Bantul 2023 , Sabtu (16/12/2023)

Baca Juga : Pemkot Jogja Minta OPD Nglarisi Produk UMKM

Pada sisi yang lain, Paniradya Pati  Kaistimewan DIY Aries  Eko Nugroho  mengungkapkan,  banyak programya dari Dinas Koperasi dan UMKM DIY yang didukung oleh  Dana Keistimewaan diharapkan dapat membuat UMKM naik kelas.  Apalagi pemerintah sudah memberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha UMKM.

“  Kalau kali ini  leadernya Dinas Koperasi , sesungguhnya banyak  instansi yang konsern terhadap perkembangan UMKM.  Oleh karena itu,  setelah diselenggarakannya Gelar Potensiu UMKM ini perekonomian masyarakat dapat tumbuh , seiring dengan inovasi dan keinginan dari masyarakt. “ tegas Aries.     (*/Sulist Ds ).

Komentar