Waspada Kanker Anak. Gejala Ini Sering Terjadi.

Teras Malioboro News — Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa tetapi juga anak-anak. Untuk itu, para orang tua perlu waspada jika menjumpai gejala yang tidak wajar dialami anaknya.

Menurut  dr. Dhita Budi Wibowo kanker pada anak sangat jarang terjadi, tetapi jika terjadi, gejalanya dapat bervariasi tergantung pada jenis kanker yang dialami anak.

Beberapa gejala yang umum terjadi pada anak dengan kanker adalah: Demam yang tidak kunjung sembuh, Penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas, Nyeri tulang dan sendi yang tidak kunjung sembuh,Kelelahan yang berlebihan, bengkak pada kelenjar getah bening di leher, ketiak atau selangkangan, Perubahan warna kulit, rasa gatal atau ruam, Anak sering mengeluhg sakit kepala yang berkepanjangan, anak sering  merasa mual, muntah, dan rasa tidak nyaman pada perut dan terjadi masalah penglihatan atau pendengaran.

Baca Juga : Kanker Serviks Bisa Dicegah Dengan Vaksin HPV 

Talkshow Kesehatan ” Tips Mudah Menciptakan Pola Hidup Sehat” bersama dr.Dhita Budi Wibowo

” Penting bagi para orang tua  melakukan deteksi dini guna  mengetahui keadaan anak Sebab, kanker pada anak berbeda dengan orang dewasa dan tidak semua anak  dapat mengemukakan keluhannya seperti orang dewasa.” ujar dr.Dhita dalam Talkshow Kesehatan  ” Tips Mudah Menciptakan Pola Hidup Sehat” yang berlangsung di Transmart Studio Mini, Sleman Sabtu (18/2/2023) .

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari  acara ” Playdate Mom & Kids ” yang diselenggarakan atas kerjasama Lembaga Konsultan Marketing Cornelia & Co, Yayasan Kanker Anak Indonesia DIY dan Manajemen Transmart Studio Mini.

Kemudian dr. Dhita menambahkan, Salah satu cara mendeteksi terjadinya kanker pada anak adalah dengan  metode screening. Namun dalam kasus tertentu  metode ini  belum dapat diandalkan,sehingga peran orang tua, masyarakat, kader dan petugas Kesehatan sangat penting untuk mendeteksi dan mengenali tanda dan gejala kanker pada anak sejak dini.

Baca Juga : Angka Stunting DIY 2022 Turun Menjadi 16,4 Persen

CEO Cornelia &Co DR.Ayu Helena Cornelia menyerahkan sovenir kepada Ketua Yayasan Kanker Anak Indonesia DIY Ir.Eka Wibawa didampingi Branv Manager Trans Studio Mini Nurul Hidayah ( paling kiri ) dan dr. Dhita Budi Wibowo ( paling kanan )

Selain Talkshow  Kesehatan , pada kesempatan tersebut anak-anak juga diberikan kebebasan untuk bermain  di Transmart Studio Mini bersama  ibu dan orang tua mereka. Oleh karena itu, puluhan anak-anak penyintas kanker  terlihat sangat ceria dapat bermain di semua wahana

Selain itu, mereka juga diajari mengenai  Praktek  Membuat Masker Wajah  dari bahan-bahan organik dengan mentor Owner Afhra Beautyway Ibu Citra.  Momen inipun  dimanfaatkan oleh peserta untuk quality time antara Ibu dan anak serta melatih motorik anak.

Setelah itu dilakukan  penyerahan donasi yang diwakili oleh Dr. Ayu Helena Cornellia selaku  CEO Cornellia & Co kepada  Ketua Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) DIY Ir.Eka Wibawa.

Anak-anak penyintas kanker dari YKAI DIY berfoto bersama di Trans Studio Mini Yogyakarta.

Pada kesempatran tersebut  CEO Cornelia & Co  Dr.Ayu Helena Cornelia menuturkan Kegiatan ini merupakan upaya untuk memberikan dukungan maupun semangat kepada anak-anak pengidap kanker sehingga dapat memperbesar harapan untuk sembuh dan kualitas hidup yang lebih baik.

Kampanye ini juga bertujuan untuk mengenali tanda kehidupan mereka di dunia dan bagaimana mereka membentuk masa depan bersama.

Acara ditutup dengan bermain bersama anak-anak dari Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia di wahana & Softplay yang ada di Trans Studio Mini Maguwo Yogyakarta.

Ditemui di akhir acara Branch Manager Trans Studio Mini Yogyakarta Nurul Hidayah menuturkan turut senang dapat menjadi bagian dari kegiatan yang diselenggarakan oleh  Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) hari ini dan memfasilitasi untuk kebersamaan, harapannya semoga anak-anak dari YKAKI tetap semangat dan kreatif (*/SDs ) .

Komentar