Yuk, Jadi Bagian dari Smart Society melalui Pelatihan Data dan IT Management Widya Analytic

Berita, Pendidikan88 Dilihat

TerasMalioboroNews– Smart City merupakan konsep kota pintar atau kota cerdas untuk membantu masyarakat dalam mengelola sumber daya secara efektif dan efisien. Salah satu konsep Smart City adalah Smart Society yang berhubungan dengan interaksi manusia.

CEO Widya Analytic Faris Yusuf Baktiar menjelaskan Smart Society bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang produktif, komunikatif, dan interaktif dengan tingkat kompetensi digital yang tinggi. Dia menjelaskan, terdapat tiga elemen dalam Smart Society yang dikembangkan meliputi community (interaksi warga), learning (ekosistem pembelajaran), dan security (sistem keamanan masyarakat).

“Salah satu aspek untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dengan pengetahuan informasi dan teknologi atau masyarakat yang cerdas,” katanya melalui keterangan persnya, Senin (27/3/2023).

Pelatihan Data

Menghadapi kebutuhan tersebut, lanjutnya, Widya Analytic mendorong berbagai pelatihan guna mendukung program transformasi digital. Pihaknya menyediakan pelatihan data seperti Big Data Analytic dan Administration yang mengupas secara tuntas secara praktis tentang konfigurasi big data hingga pemanfaatanya menggunakan machine learning.

“Ada Data Science yang digunakan untuk mempelajari bahasa pemrograman phyton dan pengenalan fitur yang dimiliki Spark untuk mengelola big data mulai dari pengambilan data hingga pemrosesannya,” katanya.

Selain itu, Widya Analityc juga menyediakan pelatihan data management untuk membantu  implementasi berbagai proses pengelolaan data berbasis COBIT 2019 dan DMBoK melalui penyusunan berbagai kebijakan, prosedur, dan arsitektur data bagi perusahaan atau organisasi.

Selanjutnya, ada pelatihan Database Administrator di mana pelatihan menggunakan metode umum yang diterapkan bagi pengembang aplikasi dan membuat aplikasi berbasis pada database oracle. Kemudian, ada pelatihan Data Center yang akan memudahkan proses pengelolaan sistem dan memastikan infrastruktur perangkat TIK memiliki ketersediaan tinggi.

Pelatihan IT Management

“Kami juga menyediakan pelatihan IT Management seperti Project Management yang dapat membantu seorang project manager mampu menerapkan pengelolaan proyek berdasarkan framework,” ujarnya.

Di Widya Analityc, lanjut Faris, tersedia juga pelatihan Scrum Master yang mempelajari agile berbasis scrum. Selain itu, ada pelatihan Infrastructure & Enterprise Architecture untuk membekali peserta memahami dan mengimplementasikan proses bisnis dan teknologi yang terintegrasi untuk mencapai visi misi dan sasaran organisasi.

Mengikuti perkembangan teknologi, Widya Analytic juga menghadirkan pelatihan Web Development untuk memahami dua pengembangan aplikasi web, backend dan frontend. Serta pelatihan CISA yang bertujuan agar peserta mendapatkan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan agar dapat menjadi seorang auditor Sistem Informasi (IS auditor) yang profesional dan berkualitas.

Semua pelatihan di Widya Analytic, kata Faris, telah bersertifikat Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP), sebagai tanda peserta memiliki kemampuan di bidang masing-masing. Untuk informasi lebih lanjut, dapat langsung mengunjungi widyaanalytic.com maupun nomor kontak +62 851 7160 9661 atau email bisnis@widyaanalytic.com.

“Keberadaan Widya Analytic juga bertujuan untuk menunjang digitalisasi di banyak sektor, sehingga terbuka dengan segala bentuk kerja sama di bidang teknologi, Big Data, dan Artificial Intelligence,” paparnya. (***)

Komentar