Zavira Jewelry, Pusat Cincin Kawin Yang Unik dan Kaya Seni

 Teras Malioboro News -Pernikahan menjadi momentum sakral bagi dua insan yang dipertemukan di pelaminan. Simbol abadi pernikahan salah satunya diwujudkan dalam bentuk cincin kawin. Cincin kawin yang melingkar di jari manis pasangan sebagai pengikat sekaligus pengingat dalam mengarungi bahtera rumah tangga bersama.

Seiring dengan meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap perhiasan, usaha cincin kawin di Yogyakarta semakin meningkat.  Salah satunya adalah Zavira Jewelry yang ada di Jalan Monumen Perjuangan , Wirokerten Banguntapan, Bantul.  Perusahaan yang berdiri sejak 2016 ini kini  banyak digemari masyarakat karena  produk cincin kawin handmade yang unik dan kaya dengan nilai seni.

Owner Zavira Jewelry Bimo Hery Prabowo, menjelaskan,  banyak pelanggan yang datang ke gallery-nya karena pandangan yang nyaris sama bahwa sebuah  cincin kawin  merupakan simbol karya seni yang menggambarkan perasaan  serta harapan kehidupan setiap pasangan dalam mengarungi kehidupan berumah tangga .

Sejak awal mendirikan usaha, Bimo  memang fokus membuat cincin kawin handmade atau buatan tangan perajin perhiasan.  Meski demikian,  Bimo tetap mengutamakan kualitas.  Untuk itu, setiap produk cincin dari Zavira Jewelry ini selalu dikerjakan secara hati-hati dan detal.

“Cincin kawin pesanan konsumen kami buat secara detail. Buatan handmade itu lebih keras, tidak kopong seperti yang dibuat menggunakan mesin,”  Bimo ujar Bimo kepada sejumlah awak media , Senin (4/3/2024)

Baca Juga : JNE Raih Penghargaan Super Logistic Partner 2023

Dijelaskan Bimo,  detail  sebuah produk sangat diperhatikan Zavira Jewelry, sehingga  konsumen menjadi lebih senang . Detail ini memungkinkan perajin dapat berkreasi membuat motif, tulisan, dan segala ciri khas yang dikehendaki konsumen. Oleh sebab itulah, pesanan cincin kawin tiap pasangan tidak sama.

Untuk itu, Bimo sejak pertama kali menjalankan usaha bekerja sama dengan sejumlah perajin tradisional sebagai mitra dibanding menggunakan mesin cetak untuk membuat produk cincin kawin.

“Rata-rata perajin kami ini sudah berpengalaman puluhan tahun di Jakarta, kemudian mereka pulang kampung ke Yogyakarta dan bermitra dengan kami” ujar Bimo. Karena sudah berpengalaman, para perajin ini memiliki kelebihan dalam pengerjaan detail. Saat ini Zavira bermitra dengan 20 perajin perhiasan.

Dengan jumlah perajin perhiasan yang banyak dan berpengalaman,  Bimo  dapat membuat sepasang cincin kawin dalam waktu 3 hingga 7 hari. Lamanya pengerjaan perhiasan tersebut tergantung tingkat kerumitan yang dipesan pelanggan.

Jika sebuah cincin  mengandung  banyak batu, maka pengerjaan  menjadi lebih lama karena perajin harus ekstra sabar agar detail pemasangan batu tetap rapi agar tidak gampang lepas.

“Cincin kawin perempuan dan laki-laki biasanya berbeda. Seringnya, perempuan lebih banyak dipasang batu-batu seperti berlian, sementara laki-laki hanya motif simpel,” imbuh Bimo.

Baca Juga : Gandeng JNE, BT21 dan Sneakon Luncurkan Produk Baru

Cincin kawin buatan Zavira Jewelry menggunakan  beberapa jenis bahan baku logam mulia seperti emas, paladium, platinum dan silver. Konsumen, biasanya memesan sepasang cincin kawin dengan bahan logam yang berbeda. Logam jenis  emas direkomendasikan untuk perempuan, sedangkan  paladium  lebih disarankan untuk cicin pria.

Sebagai bentuk pelayanan kepada pelanggan, Zavira Jewelry memberikan garansi seumur hidup untuk cincin yang terbuat dari emas, paladium dan platinum. Adapun cincin dari silver bergaransi satu tahun.

Harga dibanderol mulai Rp 300 ribu untuk cincin single dari silver, sampai sekitar Rp 8 juta hingga Rp 10 juta tergantung jenis logamnya. “Paladium lebih mahal dari emas, per gramnya bisa mencapai Rp 1,5 juta,” imbuh Bimo yang rajin promosi lewat media sosial.

Zavira Jewelry memiliki gerai offline di Gresik Jawa Timur dan Banjarnegara Jawa Tengah. Pelanggannya banyak berasal dari Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jakarta. Selain untuk cincin kawin, pelanggan juga kerap memesan untuk hadiah bagi kerabat, kolega, dan keluarga.

Baca Juga : Kiriman Dari Magelang Tujuan Jateng-DIY, Pakai JNE  Ongkir  Rp10 Ribu Saja

Meski demikian, Zavira Jewelry juga melayani pemesan via online dan barang pesanan akan dikirim melalui jasa ekspedisi.  Untuk pengiriman barang ini,  Zavira Jewelry mengandalkan layanan ekspedisi JNE, sebagai pilihan utama pengiriman paket kepada pelanggan.

Menurut Bimo, JNE memiliki layanan terpercaya dan aman sehingga bisa diandalkan untuk mengirimkan cincin dan perhiasan. Disamping itu JNE juga menyediakan proteksi asuransi bagi kiriman bernilai tinggi.  (*/Sulist Ds )