8.000 Pelari dari 19 Negara  Semarakkan MJM 2024 di Kawasan Candi Prambanan

Teras Malioboro News – Event lari tahunan Mandiri Jogja Marathon ( MJM)  kembali  digelar pada Minggu (30/6/2024)  di kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta.  Kompetisi olah raga ini  tidak hanya menawarkan pengalaman olahraga yang meriah ,  tetapi juga mengedepankan keberlanjutan lingkungan.

Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman, menyatakan MJM 2024  mempertandingkan  4  Kategori Lomba  yaitu :  Marathon (42,195 Km), Half Marathon (21 Km), 10 Km, dan 5 Km (Fun Run). Pada tahun ke-6 ini,  sebanyak  8.000 pelari dari berbagai negara termasuk Kenya, China, Jepang, Australia, Prancis, Amerika Serikat, dan Malaysia dipastikan akan turut serta menyemarakkan ajang lari bergensi ini .

“ MJM ini telah terdaftar sebagai event international.  Jogja menjadi pilihan digelarnya  event ini mengingat Jogja merupakan Kota Pariwisata yang sudah diakui secara nasional dan internasional. Bahkan UNESCO sudah mengakuinya. Karena itu ajang Marathon ini sifatnya sportourism sehingga yang disajikan dalam event ini berbeda dengan event yang lain. “ ujar Ali kepada sejumlah awak media di Dil Rani Restourant,  Kamis (27/6/2024).

Baca Juga : Bank Mandiri Kembali Raih Posisi Puncak Kredit Sindikasi

Selanjutnya Ali menyampaikan,   salah satu keistimewaan dari MJM sejak pertama kali digelar adalah antusias para pelari yang cukup tinggi. Bahkan  hanya dalam waktu 15 menit waktu pendaftaran dibuka, kuota langsung terpenuhi.   Ini menunjukkan bahwa MJM merupakan event yang sangat ditunggu oleh masyarakat.

Ali berharap MJM 2024 dapat kembali memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pada akhir Juni 2024. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan nilai volume transaksi acquiring business diproyeksikan mampu tumbuh hingga 21% dibandingkan periode Mei 2024.

Namun,  guna memastikan keamanan peserta, Bank Mandiri bersama AXA Mandiri berkolaborasi menyediakan perlindungan asuransi kecelakaan senilai Rp 20 juta per peserta. Selain itu, AXA Mandiri juga memperkenalkan inisiatif Digital Health Check Up untuk memfasilitasi penilaian kesehatan fisik dan mental para peserta.

Sementara itu, Race Director iSport Pandu Bagus Buntaran turut menegaskan komitmen untuk mendukung ekowisata di Indonesia, khususnya Yogyakarta yang kini menjadi destinasi utama.

“Sama seperti tahun sebelumnya, MJM dengan kategori Marathon, Half Marathon, dan 10K telah mendapatkan sertifikasi dari AIMS (Association of International Marathons and Distance Races), sebagai bukti keseriusan Bank Mandiri dalam mengembangkan olahraga atletik di Indonesia. Dengan demikian, rute Jogja Marathon diakui oleh World Athletics,” terang Pandu.

(Ki-Ka) Regional CEO VII/Jawa 2 Bank Mandiri Tinno Susilo bersama Kepala Dinas Pariwisata Provinsi D.I Yogyakarta dan Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman serta Race Director iSport Pandu Bagus Umbara saat Konferensi Pers Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2024 di Dil Rani Restaurant, Yogyakarta, Kamis (27/6/2024)

Baca Juga : Manjakan Nasabah, Bank Mandiri Serahkan Mobil Hyundai Ioniq 5

Pada sisi yang lain, Kepala Dinas Pariwisata DI Yogyakarta Singgih Raharjo mengungkapkan bahwa pihaknya telah melibatkan pedagang UMKM lokal untuk meramaikan acara ini, memperkenalkan kembali kearifan lokal Yogyakarta kepada peserta dan wisatawan.

“Kami tidak hanya ingin melibatkan peserta, tetapi juga ingin memperkenalkan kembali kearifan lokal dan budaya Yogyakarta kepada para wisatawan, penonton, dan pihak-pihak lainnya agar ikut serta dalam memeriahkan Mandiri Jogja Marathon tahun ini,” terang Singgih.

Kolaborasi juga dilakukan dengan berbagai elemen masyarakat termasuk sekolah, sanggar seni, dan UMKM. Peserta juga dapat menikmati wisata kuliner di Race Village dengan kemudahan transaksi non-tunai Bank Mandiri.

Untuk Lomba Lari,  selain medali Bank Mandiri  menyediakan hadiah uang tunai berupa  uang Tunai sebesar Rp.1,5 M serta berbangkai bingkisan sponsor. Dan y ang tak kalah menarik, Panggung utama MJM 2024 yang terletak di kawasan Candi Prambanan ini, juga akan dimeriahkan oleh ragam seniman dan artis papan atas, mulai dari penampilan panggung Happy Asmara, Feel Koplo dan musisi lokal kebanggaan Yogyakarta yang siap menghibur para peserta MJM 2024. (*/Sulist Ds )

 

 

Komentar