Torehkan Prestasi Gemilang, Siswi MAN 1 Yogyakarta Borong 4 Medali Emas dari Bali International Choir Festival 2024

Teras Malioboro News – Madrasah idola dan ternama di Kota Yogyakarta yang dikenal dengan “gudangnya prestasi” Madrasah Aliyah  Negeri (MAN) 1 Yogyakarta kembali sukses meraih juara level internasional yaitu Bali International Choir Festival (BICF) 2024.

Di ajang bergengsi itu, siswi MAN 1 Yogyakarta yang meraih juara bernama bernama Filda Nuha Filyaar Afkor sukses memborong 4 medali emas dengan mengalahkan peserta lainnya dari 12 negara. Keempat medali emas diperoleh dari kategori Kompetisi Folk Song, Championship Folk Song, Pop dan Jazz, serta Championship Pop dan Jazz.

Festival paduan suara internasional ini dihelat di Balai Budaya “Giri Nata Mandala” Bali pada 21 – 27 Juli 2024. Filda yang tergabung dalam PCMS Jogja Choir membawakan 5 buah lagu. Lagu berjudul Reflection dan Don’t Rain on My Parade untuk kategori Pop dan Jazz. Sedangkan untuk kategori Folk Song lagu yang dipilih adalah Cik Cik Periuk dan Karaban Sape.

Gadis bersuara sopran ini merasa terharu atas kemenangan timnya. “Saya bahagia dan terharu karena bisa masuk ke babak Championship. Karena awalnya tidak menyangka bahwa akan masuk ke babak Championship,” ujarnya.

Global Immersion Program, dari SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta untuk Dunia

Untuk menghadapi lawan dari China, Malaysia, Philippines, New Zealand, Singapore, South Africa, South Korea, Slovenia, Sri Lanka, Thailand, USA, dan Vietnam PCMS Jogja Choir memiliki beberapa trik. Salah satunya adalah Crescendo.

Kepala Madrasah MAN 1 Yogyakarta Drs Wiranto Prasetyohadi MPd merasa bangga atas keberhasilan salah satu anak didiknya. Ia mengapresiasi kualitas yang ditampilkan Filda dalam Bali International Choir Festival (BICF) 2024.

Keberrhasilan Filda, menurut Wiranto, tak hanya membawa nama harum untuk MAN 1 Yogyakarta, tapi sekaligus untuk nama madrasah secara umum, Daerah Istimewa Yogyakarta serta nama baik negara Indonesia.

“Saya merasa bangga atas keberhasilan ananda Filda. Ini adalah pencapaian yang membanggakan tidak hanya untuk ananda Filda tetapi juga untuk MAN 1 Yogyakarta, keluarga besar madrasah, DIY dan nama baik negara Indonesia. Kami akan terus mendukung dan mendorong para siswa untuk terus berkarya dan berprestasi di berbagai bidang,” kata Wiranto.

Route to School, Dorong Digitalisasi Pendidikan di IKN

Seperti diketahui bahwa MAN 1 Yogyakarta terkenal dengan sebutan madrasah idola, madrasah riset, madrasah dengan segudang prestasi baik lokal, regional, nasional, dsan internasional. “Sudah beberapa kali siswa kami sukses meraih juara di level nasional dan internasional baik bisang akademik maupun nonakademik,” kata Wiranto. ***

 

 

Komentar