Abhinaya Karya,  Potret Seorang Ibu Dimata  Para  Perupa

Teras Malioboro News  —   Sebagai upaya menumbuhkan apreasiasi  masyarakat terhadap karya seni rupa, Dinas Kebudayaan DIY menggelar Pameran  ” Abhinaya Karya ” di Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Pameran digelar  mulai 6 Juni 2023 hingga 22 Oktober 2023 .

Sosok Ibu menjadi tema besar yang diusung dalam Pameran Abhinaya Karya 2023 yang bertajuk  “ Kamala Padma; Laga Dalam Hening, Pijar dalam Petang. Pameran ini mengangkat tema sosok Ibu dalam ragam rupa kisahnya yang terkadang penuh dengan ketidaksempurnaan. Narasi pameran ini  menghadirkan pula perbincangan mengenai gender dan seksuaitas, hingga upaya membentuk identitas, berpolitik, dan berdaya bagi diri mereka sendiri.

Pameran Abhinaya Karya pertama kali digelar  tahun 2000. Tujuan dari pameran ini adalah untuk memperkenalkan dan melestarikan seni rupa Indonesia kepada masyarakat luas. Pameran ini juga bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni rupa.

Baca Juga : 90 Perempuan Perupa Terlibat Pameran Mantra Cinta di Pendapa Art Space

Setiap kali digelar,  Abhinaya Karya selalu mendapat sambutan yang positif dari masyarakat. Setiap tahunnya, ribuan pengunjung datang untuk melihat pameran ini. Pameran ini juga menjadi ajang bagi para seniman untuk memperkenalkan karya-karya mereka kepada masyarakat luas.

Pameran Abhinaya Karya merupakan salah satu pameran seni rupa yang penting di Indonesia. Pameran ini menjadi wadah bagi para seniman untuk menampilkan karya-karya mereka, sekaligus menjadi sarana bagi masyarakat untuk mengenal dan mengapresiasi seni rupa Indonesia.

Baca Juga : Ataraxia,   Tarian Jiwa  John Raymond Yang Penuh  Makna

Pameran Abhinaya Karya 2023 ini terbagi menjadi 8 ruang dengan subtema berbeda di setiap ruangannya. Ruang 1 adalah Ibu Bumi, ruang 2 dan 3 adalah Ibu dalam Kisah Mitologi, ruang 4 yaitu Gender dan Seksualitas, ruang 5 menghadirkan ruang interaktif bilik mengintip Ken Dedes, ruang 6 hadir dengan Ibu Pusaran Politik. Selanjutnya ruang 7 yaitu Ibu dan Identitas Busana, dan ruang terakhir adalah Para Ibu Hari Ini.

Selain pameran, ada beberapa kegiatan pendukung pameran seperti seminar dan curatorial series yang dapat diikuti masyarakat umum (*/Sulist Ds )

Komentar