Hadapi Libur Idul Fitri, Pertamina Siapkan Skenario Suplai BBM dan LPG

Berita, Headline1116 Dilihat

Teras Malioboro News–Guna memastikan keamanan dan ketersediaan stok BBM, LPG, dan Avtur di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) khususnya jelang Idul Fitri 1444 Hijriyah, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 1444 Hijriyah yang dibentuk sejak 1 April hingga 2 Mei 2023.

“Selama periode Satgas Rafi 2023, tren konsumsi BBM wilayah DIY diestimasikan mengalami peningkatan. BBM jenis Gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) diprediksi naik 32 persen bila dibandingkan rata-rata harian normal Januari-Februari 2023 dari 1.797 Kilo Liter (KL) menjadi 2.379 KL,” kata Area Manager Communication, Relation & Coroporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho.

Brasto menambahkan, untuk BBM jenis Gasoil (Biosolar dan Dex Series) mengalami peningkatan 3 persen dari normalnya 430 KL menjadi 445 KL. Sedangkan untuk LPG (PSO & Non-PSO), Pertamina menyiagakan penambahan stok hingga 3,7 persen dibandingkan rata-rata konsumsi harian atau setara dengan 142.646 tabung dari rata-rata normalnya 136.764. Rata-rata harian normal adalah periode Januari – Februari 2023.

Baca juga: Siasati Biaya Transportasi, tiket.com Berikan Program THR

Untuk Avtur, wilayah DIY mengalami kenaikan sebanyak 3 persen dari rata rata harian normal sebanyak 153 KL menjadi 163 KL.

Sales Area Manager (SAM) Branch Yogyakarta Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Ivan Syuhada, mengatakan, tidak hanya memastikan kesediaan suplai BBM, Pertamina Patra Niaga juga menjamin ketersediaan LPG termasuk di wilayah Jateng & DIY.

“Pertamina Patra Niaga juga menambah armada mobil tangki, menyiapkan 96 Agen Siaga dan 694 Pangkalan Siaga PSO serta 127 Outlet Non-PSO yang beroperasi saat liburan. Bahkan khusus wilayah dengan permintaan tinggi, beberapa Agen LPG disiagakan 24 jam,” tutur Ivan.

Tidak hanya itu, konsumen juga dapat dimudahkan memesan BBM nonsubsidi dan Bright Gas menggunakan layanan Pertamina Delivery Service 135.

“Melalui Pertamina Delivery Service, konsumen dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 dan kami akan mengirimkan tabung Bright Gas dari agen LPG terdekat kami,“ ungkap Ivan.

Sebagai antisipasi padatnya arus mudik lebaran yang menyebabkan kemacetan, Pertamina juga menyiapkan SPBU Kantong, berupa mobil tangki yang disiagakan sebagai kantong/cadangan suplai BBM di titik-titik yang rawan dengan kemacetan.

baca juga: Catat, Jadwal Rekayasa Lalu Lintas Tol Mudik Lebaran 2023

Puncak arus mudik sendiri diprediksi terjadi pada tanggal 19 April 2023, sedangkan puncak arus balik diprediksi terjadi pada 29 April 2023. Beberapa SPBU yang berada di beberapa lokasi strategis pun akan beroperasi selama 24 jam.

“Kami mengimbau bagi masyarakat yang hendak mudik dan berwisata agar mengisi tangki penuh di SPBU sebelum berangkat dan agar mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan, masyarakat dapat menggunakan aplikasi MyPertamina atau menghubungi layanan kontak Pertamina Call Center 135,” tutup Brasto. (suwarjono)

Komentar