Jika Terpilih, Anies Akan Bangun Pusat Perfilman di Jogja

Teras Malioboro News —  Bagi Capres 01 Anies Baswedan, Jogja mempunyai banyak keunikan.  Sebab, Jogja mempunyai ekosistem  dan akar budaya kebudayaan  yang sangat luar biasa.  Untuk itu, jika nantinya terpilih menjadi Presiden, Anies bermaksud mengemas Jogja sebagai  Pusat Kebudayaan Indonesia.

“ Kita berencana membuat Jogja sebagai Kancah Baur Budaya. Disini akan disiapkan Pusat Sinema Jogja .” ujar Anies  dihadapan ratusan anak muda yang hadir dalam Forum Desak Anies di Rocket Hall, Sleman   pada Selasa (23/1/2024).

Selanjutnya Anies mengungkapkan , dunia perfilman menjadi perhatiannya untuk ditumbuh kembangkan karena Jogja mempunyai sekolah perfilman  yang merupakan tempat pendidikan insan-insan perfilman yang sangat berkualitas.  Jika disiapkan lebih serius , diyakini akan  terbangun industri perfilman yang sangat berperan dalam menumbuhkan industri perfilman tanah air.

Baca Juga : Jika Pilpres Dua Putaran, Ini Pemenang  Versi Lembaga Survei Indikator.

Ditegaskan Anies, Film mempunyai kekuatan membeentuk persepsi kolektif.  Selain itu, film mempunyai kemampuan memantik imajinasi penontonnya.   Kekuatan tersebut harus difasilitasi untuk tumbuh., sehingga harapannya nanti karya-karya  film yang muncul  tidak hanya digemari oleh penonton Indonesia tetapi juga penonton bioskop dunia. \

“ Untuk itu, ilmunya harus berkembang., sehingga Perfilman menjadi   tuan rumah dinegeri sendiri, dna mampu memesona dinegeri orang. “ tandas Anies.

Baca Juga : Anies  : Jogja Kota Penyelamat Republik . Kita Harus Menang !

Anies mencontohkan, saat ini budaya K-Pop sudah menyebar ke seluruh dunia. Hal tersebut tidak terjadi secara tiba-tiba tetapi diawali dari kebijakan pemerintah Korea  yang pada tahun 80an hingga 90an akhir memberikan investasi secara besar-besaran  di bidang kebudayaan.  Kebijakan itu,  manfaatnya baru dirasakan sekitar 20 tahun kemudian .

Untuk itu, dalam hal  kebudayaan ini,  Anies menegaskan bahwa pemerintah sudah saatnya memikirkan  soal kebudayaan ini bukan sekadar membangun infrastruktur yang bisa difoto 5 tahun menjelang Pilpres.

Disamping akan membangun sektor kebudayaan, Anies juga  berencana akan membangun pusat pengolah sampah mutakhir mengingat  sampah menjadi permasalahan yang semakin serius di Yogyakarta.  (*/Sulist Ds )

Komentar