Jumlah Lulusan MAN 1 Yogyakarta Diterima di Perguruan Tinggi Negeri Melesat

Headline1, Pendidikan232 Dilihat

Teras Malioboro News – Jumlah lulusan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta yang diterima di perguruan tinggi negeri pada tahun 2024 ini melesat. Jika pada tahun 2023 lalu dari seluruh lulusan berhasil diterima 76%, pada tahun ini meningkat 88%.

“Setiap tahun jumlah lulusan yang diterima di perguruan tinggi negeri terus meningkat, dan alhamdulillah tahun 2024 naik lagi dengan jumlah yang melesat,” kata Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs H Wiranto Prasetyahadi MPd ditemui di sela penyerahan penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat DIY 2024, Selasa (20 Agustus 2024).

Menurutnya, prestasi ini adalah hasil dari komitmen dan kerja keras siswa, guru, dan pihak sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Berbagai program pembelajaran dan bimbingan telah diberikan kepada siswa agar mereka siap menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri. Siswa-siswa MAN 1 Yogyakarta juga didorong untuk terus belajar dengan sungguh-sungguh dan mengembangkan potensi akademik mereka sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Baca Juga : Syatta Imtiyaaz Thuvaila, Siswa MAN 1 Yogyakarta Juara Terbaik 1 Kompetisi Pidato Nasional 2024

Dengan adanya upaya yang terus menerus untuk meningkatkan kualitas pendidikan, lanjut Wiranto, jumlah lulusan MAN 1 Yogyakarta yang diterima di perguruan tinggi negeri semakin meningkat dari tahun ke tahun. Para lulusan MAN 1 Yogyakarta ini tidak hanya berhasil diterima di perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, tetapi juga mampu berprestasi di dunia akademik dan profesional setelah lulus.

Dijelaskan, dii MAN 1 Yogyakarta penggemblengan kepada para siswa untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi dilakukan sejak semester 1. Para siswa diberikan latihan dan pembelajaran khusus untuk menghadapi soal-soal yang keluar dalam ujian masuk perguruan tinggi, baik itu ujian mandiri maupun ujian tulis.

“Sebelumnya kami mengadakan psikotes bagi para siswa untuk mengetahui arah minat dan bakatnya, kemudian pihak madrasah memberikan fasilitas untuk mengembangkan arah minat dan bakatnya,” katanya.

Dalam praktiknya, lanjut Wiranto, guru-guru di MAN 1 Yogyakarta memberikan bimbingan intensif kepada para siswa dalam mengerjakan soal-soal yang sering keluar dalam ujian masuk perguruan tinggi. Mereka memberikan penjelasan mendalam tentang strategi mengerjakan soal, teknik menjawab dengan tepat, dan pembahasan soal-soal yang sulit.

Selain itu, sekolah juga menyediakan bank soal dan latihan soal-soal ujian masuk perguruan tinggi yang disesuaikan dengan kurikulum dan materi pelajaran yang diajarkan di MAN 1 Yogyakarta. Para siswa diberikan kesempatan untuk mengasah kemampuan mereka dalam mengerjakan soal-soal yang membutuhkan pemahaman yang mendalam dan analisis yang baik.

Baca Juga : Torehkan Prestasi Gemilang, Siswi MAN 1 Yogyakarta Borong 4 Medali Emas dari Bali International Choir Festival 2024

Dengan penggemblengan yang dilakukan sejak semester 1, para siswa MAN 1 Yogyakarta dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Mereka memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan kemampuan yang matang dalam menjawab soal-soal ujian sehingga dapat bersaing dengan siswa lainnya untuk mendapatkan tempat di perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia.

Wiranto menyampaikan data dari total lulusan tahun 2024 sebanyak  262, siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri 228 orang dan 34 di perguruan tinggi swasta.

Adapun jumlah siswa diterima di UGM (78), UNY (32), UPN Veteran Yogyakarta (30), UIN Sunan Kalijaga (16), UB (11), UNDIP (10), UNS (9), UNPAD (8), UIN Sunan Ampel (4), ITS (3), UIN Syarif Hidayatullah (3), UI (2), UNEJ (2), UNES (2), UNSOED (2), ITB (1), UDAYANA (1), UIN Raden Said (1), UNAIR (1), UNHAS (1). Selain itu Univ Bangka Belitunhg (1), Univ Lambung Mangkurat (1), Univ Negeri Malang (1), Universitas Tidari (1), Politeknik Negeri Semarang (2), Poltekes Semarang (1), Poltekes Yogyakarta (1), dan Poltekes Surakarta (1).

Selain itu di UII (18), UMY (6), UAD (3), Telkom University (2), STPN (1), AKAMIGAS (1), STIKES (1), Universitas AMIKOM (1), Univ Trisakti (1), Univ Aisyiah (1), dan Univ Sanata Dharma (1). (Chaidir)