Program GadePreneur, Pegadaian Kanwil XI Semarang Berikan Pendampingan UMKM Agar Naik Kelas

TerasMalioboroNews-PT Pegadaian mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk terus berkembang dengan meluncurkan program GadePreneur pada 2023 ini.

Saat ini, program GadePreneur tahap awal telah memasuki tahap pembinaan melalui offline yang diselenggarakan di kota Semarang.

Di PT Pegadaian Kanwil XI Semarang, program ini diikuti oleh 36 UMKM yang dipilih melalui seleksi dari kurang lebih 150 pendaftar di wilayah Jateng dan DIY. Ke 36 UMKM tersebut tersebar di Semarang, Yogyakarta dan Solo. Hanya saja, didominasi UMKM dari Yogyakarta dan Solo.

Mereka bergabung dalam program GadePreneur dan mulai mengikuti pembinaan yang digelar Minggu (16/7/2023). “Pegadaian saat ini fokus kepada UMKM baik dari pendampingan berkelanjutan dan juga memiliki produk pendanaan yang bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM,” kata Pemimpin PT Pegadaian Kanwil XI Semarang, Nuril Islamiah, melalui Kepala Departemen Bisnis Support, Nur Wakhid, melalui rilisnya, Selasa (18/7/2023).

Ia menjelaskan, GadePreneur adalah rangkaian kegiatan pengembangan UMKM yang dibentuk Pegadaian untuk nasabah, agen, mitra bisnis, dan masyarakat umum yang ingin mengembangkan dan meningkatkan kompetensi kewirausahaan.

Guna pengembangan tersebut, Pegadaian memberikan pendampingan dengan menggelar pelatihan peningkatan kapabilitas, produktivitas, kualitas, dan daya saing UMKM.

“Saat ini kegiatan GadePreneur telah memasuki tahap pembinaan wilayah. Untuk tahap awal ini, Kanwil XI Semarang ada 36 UMKM yang dipilih dan nantinya akan berkelanjutan,” ujarnya.

Ia berharap program GadePreneur dapat membantu UMKM untuk dapat naik kelas sekaligus meningkatkan kemampuan bisnis para pelaku UMKM.

Selain itu, program GadePreneur bertujuan agar UMKM meningkatkan daya saing dan memperluas jaringan hingga ke internasional, baik melalui mekanisme pemasaran konvensional maupun digital.

“Kami berharap, program GadePreneur ini menjadi salah satu cara Pegadaian untuk mengambil bagian dari journey pengembangan UMKM Indonesia dan mendukung program UMKM naik kelas,” harapnya.

Komentar