Ratusan Calon Penumpang  Berencana Somasi  Saudia Airlines

Buntut  Promo Tiket Murah

Teras Malioboro News —   Ratusan  calon penumpangMaskapai Saudia Airlines  berencana melakukan  somasi terjadap maskapai Saudia Airlines. Mereka merasa dipermainkan  dengan adanya refund secara sepihak oleh pihak maskapai.  Kasus ini merupakan buntut adanya promosi tiket murah sebesar Rp.5 juta (pp) untuk keberangkatan via Solo.

Octovia Yuniati  (30) – warga Kotagede yang merupakan salah satu calon penumpang menilai, sikap maskapai Saudia Airline yang melakukan refund secara sepihak merupakan kebijakan yang tidak profesional dan mengecewakan. Sebab, para calon penumpang sudah melakukan banyak persiapan untuk keberangkatan mereka.

” Saya berencana untuk melaksanakan ibadah umroh bersama anak-anak.  Teman-teman calon penumpang lain juga begitu. ” ujar  Tovie kepada wartawan Selasa (6/6/2023) melalui pesawat seluler.

Dijelaskan Tovie,  kejadian ini berawal  ketika sekira dua minggu yang lalu  pihaknya menerima promosi dari  salah satu anggota grup facebook ’bikebikerinternational’ yang  menginformasikan adanya tawaran tersebut. Karena dinilaiu murah maka tawaran tersebut menjadi sangat viral dan banyak sekali anggota yang melakukan reservasi.

Baca Juga : Siasati Biaya Transportasi, tiket.com Berikan Program THR

Dari tawaran tersebut ada salah satu anggota yang menginisisasi untuk melakukan landtour bareng dan untuk selanjutnya mereka kemudian membentuk grup whatsapp.  Para calon penumpang ini merasa sangat antusias karena harga tersebut dinilai sangat murah. Bahkan harga tersebut  belum pernah ditemukan  dalam penawaran para travel agen.

Tovie tidak menampik adanya kemungkinan salah  input harga yang dilakukan oleh maskapai. Tetapi jika hal itu yang terjadi, biasa mereka melakukan  pemberitahuan kepada calon penumpang atau melalui pers conference.  Tetapi yang dilakukan maskapai Saudia Airlines ini tidak, mereka mengambil kebijakan sepihak dengan melakukan refund kepada calon penumpang.

Baca Juga : Kadin Gandeng RISE India, Bahas Gap Dunia Pendidikan dan Industri    

”  Untuk kasus ini, tanpa adanya email atau pemberitahuan apapun tiba-tiba  status kita sudah dicancel sebagai penumpang dan tanpa memberi kesempatan kepada calon penumpang, tiba-tiba status kita sudah kita sudah berubah refund . ” tegas Tovie.

Ditambahkan Tovie,  pihaknya menerima informasi bahwa sejumlah  penumpang bahkan sudah menerima uang refund tersebut dari maskapai. Tetapi ratusan lainnya uang tiket yang telah dibayarkan diketahui masih tertahan.

” Ini tidak bener. Mereka sama sekali tidak melakukan konfirmasi apapun sama kita selaku calon penumpang.  Kalau toh ada salah harga atau ada sebab lain mereka harusnya memberikan penjelasan, tetapi ini kan tidak. Mereka begitu saja mengambil kebijakan sepihak. ” tandasnya.

Tovie juga menambahkan bahwa pihaknya sudah berusaha menanyakan kasus ini ke pihak maskapai Saudia Airlines di Jakarta tetapi  pihaknya tidak mendapatkan penjelasan  yang memuaskan. (*/SDs )