Resep Nugget Ikan Kembung Karya Mahasiswa  UNY

Teras Malioboro News —  Mahasiswa KKN Vokasi UNY memperkenalkan resep nugget Ikan pada masyarakat. Resep ini cocok untuk lauk berbuka maupun sahur.

Galih Sakti Bayu Gumelar  menjelaskan, nugget ikan Ikan kembung itu  mereka olah menjadi makanan kekinian. Oleh karena itu,  sajian makanan ini dapat menjadi alternatif bagi para ibu rumah tangga dalam menyediakan menu keluarga agar tidak membosankan.

“ Umumnya ikan kembung hanya  diolah dengan cara  digoreng atau disayur. Dengan pengolahan ini maka ikan kembung dapat lebih menggugah selera untuk sajian menu buka dan sahur. ” ujar Galih dalam rilis media yang diterima redaksi, Kamis (7/3/2024)

Ditambahkan Galih,  untuk membuat resep  nugget Ikan Kembung ini sangat mudah. Adapun bahan yang dibutuhkan  adalah 8 ekor ikan kembung (fillet), 2 buah wortel ukuran kecil, 1 batang daun bawang, 4 sdm tepung terigu, 1 sdm tepung tapioka, 1 butir telur, 4 siung bawang putih, 6 siung bawang merah, garam ½ sdm, kaldu jamur 1 sdt, lada dan baking powder secukupnya.

Baca Juga : UNY Buka Program D4 Pengobatan Tradisional Indonesia.

Cara membuatnya,  pertama kali goreng bawang merah dan bawang putih” katanya. Lalu masukkan ikan, bawang putih dan bawang merah yang sudah digoreng, wortel parut, daun bawang, tepung terigu, tepung tapioka, telur, kaldu jamur, garam, lada dan baking powder kedalam chopper, kemudian haluskan.

Adonan kemudian dituang ke loyang yang sudah dioles dengan minyak dan kukus selama 25 menit. Setelah itu potong-potong nugget ikan dan celupkan ke adonan basah berupa tepung dan air. Masukkan ke tepung roti dan goreng sampai matang. Hidangan nugget ikan kembung pun siap disajikan.  (*/Sulist Ds )