UNY  Teken Nota Kesepahaman Dengan Warga Guwosari

Teras Malioboro News — Universitas Negeri Yogyakarta  ( UNY )  menggelar  kegiatan  Bakti Sosial di Guwosari, Pajangan, Bantul, Minggu (28/4/2024) .  Berbagai kegiatan seperti senam bersama, pembagian paket sembako serta pemberian makanan tambahan bagi pencegahan stunting.

Selain itu, dalam kesempatan ini juga ditandatangani nota kesepahaman antara Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UNY dengan Kalurahan Guwosari. Kegiatan bakti sosial dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo, Ketua Karang Taruna DIY GKR Hayu, Rektor dan para Wakil Rektor UNY serta aparat pemerintah Kalurahan Guwosari dan masyarakat sekitar.

Senam Bersama Masyarakat Guwosari

Rektor UNY Prof. Sumaryanto menegaskan bahwa kegiatan ini adalah implementasi luar biasa atas dhawuh Gubernur DIY tentang 4K yaitu Kraton, Kampus, Kampung dan Kantor, sehingga UNY tetap berkomitmen memajukan kampung melalui Karang Taruna.

Ketua Karang Taruna DIY GKR Hayu kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan implementasi kerjasama antara Karang Taruna DIY dengan UNY.

“Pada kepengurusan yang baru ini kami ingin fokus pada personel Karang Taruna sehingga terasa impactnya di tempat masing-masing” papar GKR Hayu.

Ketua Karang Taruna DIY GKR Hayu

Baca Juga : UNY Terima 1.450 Mahasiswa Baru Jalur SNBP

Sedangkan Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo dalam sambutannya mengatakan kegiatan dies natalis UNY berulangkali diadakan di Bantul dan kali ini dilaksanakan di Guwosari. “Ini bagian yang membahagiakan warga Bantul dan merupakan bukti bahwa UNY tidak hanya mencerdaskan kehidupan bangsa namun juga UNY berpihak pada masyarakat dengan adanya bakti sosial” kata Joko Purnomo.

Berdasar data di Bantul ada lebih dari 6000 guru dimana lebih dari 45%-nya adalah lulusan UNY.  Oleh karena itu, Joko Purnomo berharap dalam usianya ini UNY dapat menjadi universitas yang siap mewujudkan kampus merdeka unuk mengawal NKRI yang ber-Pancasila dan ber-UUD 1945.  (*/Sulist Ds )