Cara Membuat Kue Melinjo Ala Mahasiswa UNY.

Teras Malioboro News — Emping selain enak untuk kudapan juga dapat dimodifikasi mennjadi kue kering. Hal ini dilakukan mahasiswa  UNY  guna  menciptakan makanan olahan alternatif

Mahasiswa UNY Vicky Danendra Aristawidya menjelaskan,  pembuatan kue kering berbahan dasar emping ini karena  melinjo  mudah didapatkan , sehingga perlu dilakukan pengolahan melinjo dengan cara yang berbeda

Baca Juga : Resep Nugget Ikan Kembung Karya Mahasiswa  UNY

Selain itu alat dan bahan yang dibutuhkan juga cukup sederhana  yaitu:  margarine atau mentega 72 gram, kuning telur 1 butir, krupuk emping 1 cangkir, tepung terigu protein rendah 110 gram, gula halus 60 gram, minyak goreng 100 ml, garam dan vanili secukupnya. Cara membuatnya, panaskan minyak dan goreng krupuk emping hingga matang. Setelah dingin hancurkan emping hingga halus yang diinginkan.

Sementara itu panaskan oven pada suhu 180 derajat Celcius dan tunggu hingga siap digunakan. Lalu campurkan margarine, gula halus dan vanili sehingga adonan mengembang dan berwarna kuning pucat. Tambahkan kuning telur, tepung terigu serta garam dan campur hingga merata.

Baca Juga : 5 Resep Buka Puasa Berbahan Pisang. Wajib Banget Dicoba

Masukkan emping yang telah dihancurkan dan campur rata. Adonan dibentuk bulat dan letakkan dalam Loyang yang telah diolesi margarine, tekan menggunakan jari. Panggang adonan kue kering selama 15-20 menit hingga matang dan kering lalu dinginkan serta simpan dalam toples.

Emping melinjo diketahui mengandung antioksidan yang berguna bagi kesehatan tubuh. Selain itu juga mengandung zat besi, fosfor, mangan, zinc, protein dan magnesium sehingga berguna pula untuk melindungi Kesehatan otak, melindungi ginjal, membantu pertumbuhan dan menjaga suhu tubuh, meningkatkan kesehatan kulit serta membangun otot.(*/Sulist Ds )