Wujudkan Pariwisata Berkualitas, GIPI DIY Dorong Penguatan Peran Media Massa

Teras Malioboro News —  Sampai saat ini program pariwisata di DIY masih dilakukan secara parsial. Untuk itu perlu adanya kolaborasi antar semua pihak sehingga program pariwisata dapat terintegrasi secara sempurna. Sehubungan dengan hal tersebut Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY  berencana untuk memaksimalkan peran elemen Pentahelix  yang terdiri dari :   Pemerintah, Masyarakat, Lembaga Usaha, Akademisi, dan Media.

“ Kalau pariwisata ini  diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah, tentu saja tidak kuat. Begitu juga kalau diserahkan kepada industri juga tidak kuat. Karena itu perlui ada kolaborasi antar semua elemen  dalam pentahelix tersebut secara bersama. “ ujar Ketua  GIPI DIY Boby Ardianto Setyo Ajie dalam Forum  Ngopi  bersama  awak media  yang berlangsung di El Royal Hotel  , Jalan Dagen No6  Yogyakarta, Senin  (23/1/2023).

Ditambahkan  Boby, salah satu persoalan yang sampai saat ini terus menjadi  pekerjaan rumah pariwisata  DIY  mengenai lama tinggal wisatawan ( lenght of stay ) yang masih rendah. Persoalan ini tak akan terselesailah selama  elemen pentahelix pariwisata itu tidak berperan secara optimal .

“ Sampai kapanpun  lenght of stay kita tak akan terurai jika kita masih seperti ini. Sebab, dalam  bicara pariwisata kita selalu parsial. Oleh karena itu, untuk memperpanjang lama tinggal wisatawan maka  perlu  kebijakan yang integral dan cakupan  wilayah program wisata ini harus diperlebar. “ tandas Boby.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharja ( kiri ) dan Ketua GIPI DIY Boby Ardiyanto SA ( kanan )

Guna memperkuat program tersebut, lanjut Boby, maka media massa mempunyai peran sangat  strategis  dalam hal peningkatan kualitas pariwisata kita.  Sebab, selain  mempunyai fungsi sebagai penyebar informasi,  media massa juga  punya peran penting  dalam penyadaran masyarakat.

Ditegaskan  Boby, dalam waktu dekat DIY akan menjadi tuan rumah dalam Asian Tourism Forum ( ATF) 2023. Hal itu menjadi tantangan bersama insan pariwisata  dalam menunjukkan kepada  dunia bahwa DIY mampu menyuguhkan pariwisata yang berkualitas  dalam bentuk pelayanan yang baik dan sustainable.

“ Kecepatan informasi publik perlu dibangun , sehingga media merupakan ujung tombak yang punya peran sangat penting. “: ujar Boby

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menambahkan,  optimalisasi peran elemen pentahelix ini merupakan bagia  dari strategi peningkatan kualitas pariwisata yang menjadi cita-cita bersama. Oleh karena itu, kerjasama antar elemen tersebut harus bersifat simbiosis mutualisme. Dalam upaya menjalin hubungan tersebut perlu adanya komunikasi antar elemen secara intensif.

“ Mengenai bentuk  kerjasama itu seperti apa,  monggo silahkan dibicarakan.  Yang terpenting ada pemahaman bersama sehingga tujuan utama dapat tercapai. “ ujar Singgih.  (*/SDs )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar