LSI : Pasangan Prabowo- Gibran Tembus 50 Persen ,

Peluang  Pilpres Satu Putaran Makin Terbuka.

Headline1, Politik351 Dilihat

Teras Malioboro News  —  Lembaga Survei Indonesia  (LSI) Denny  JA kembali merilis hasil survei  mengenai  Pilpres 2024.  Survei tersebut dilakukan pada periode 16-26 Januari 2024 atau paska debat cawapres ke-2.

Survei dilakukan  kepada 1200 responden di  seluruh Indonesia dengan metode wawancara  dan teknik multi random sampling dilengkapi dengan survei kualitatif dengan  margin error sebesar 2,9 persen.

Berdasarkan survei tersebut diperoleh  menunjukkan  pasangan Prabowo- Gibran  semakin unggul dengan perolehan elektabilitas sebesar 50, 7 persen disusul pasangan  Anies – Muhaimin sebesar 22 persen, sedangkan pasangan  Ganjar – Mahfud berada di posisi buncit dengan elektabilitas sebesar 19,7 persen.  Dengan elektabilitas tersebut, maka Peluang Terjadinya Pilpres Satu Putaran menjadi semakin  terbuka.

Jika dibandingkan dengan survei bulan lalu, maka pasangan Prabowo- Gibran meningkat sebesar 4 persen , pasangan Anies – Muhaimin  relatif stabil sedangkan elektabilitas Ganjar – Mahfud yang sempat menguat di akhir Januari ini justru melemah.

Baca Juga : LSJ :  Pilpres Diprediksi Berlangsung  Satu Putaran,

Jurru Bicara LSI Denny JA  Ajie AL Faraby mengatakan,  salah satu faktor yang  membuat elektabilitas  Prabowo – Gibran terus naik karena tingkat kesukaan  dan kepuasan terhadap Presiden Jokowi mencapai 90 persen. Selain itu, elektabilitas juga disokong oleh  dukungan anak muda yang terus meningkat.

“  Meski di media sosial banyak cacian dan hujatan terhadap Gibran tetapi  menurut survei ini ternyata tidak berpengaruh, karena tren elektabilitas Prabowo – Gibran terus meningkat. “ ujar Ajie dalam  Konferensi Pers  daring,  Selasa (30/1/2024).

Selanjutnya Ajie menjelaskan,  terlepas dari kontroversi yang melingkupinya ternyata sosok Gibran mempunyai daya tarik yang luar biasa terutama bagi kalangan muda usia dibawah umur 30 tahun. Dari survei ini dukungan dari kaum muda usia dibawah 30 tahun ditemukan sebesar 58,6 persen, sedangkan  usia 30- 39 tahun ditemukan dukungan sebesar  56 persen .

Hal tersebut  diduga tidak terlepas dari metode kampanye yang tidak hanya dilakukan lewat media konvensional tetapi juga melalui media sosial. Meskipun, berdasarkan survei ini  responden yang mengaku memiliki akun media sosial hanya  49,5 persen sementara 52,8 persen mengaku tidak mempunyai akun media sosial.

Baca Juga : Budi Waljiman, Siap  Mengabdi di Kampung Halaman

Kemudian dari responden yang mengaku memiliki akun medsos  , pasangan Prabowo- Gibran unggul terhadap para pemilik akun  whatsap, facebook, youtube,  tiktok dan instagram. Sedang pasangan Anies – Muhaimin unggul di medsos  Twitter  yang sekarang berganti nama menjadi X. Namun, yang perlu  menjadi perhatian ada  52 persen pemilih pasangan Anis – Muhaimin yang tidak menyebutkan akun mereka.

Sementara itu, LSI  Denny JA juga memotret kekuatan elektabilitas para capres/cawapres di Pulau Jawa yang dikenal  mempunyai pemilih terbanyak.  Dalam hal ini, LSI Denny JA memecah Jawa menjadi 3 Teritori yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Berdasarkan teritori ini, pasangan Prabowo- Gibran  unggul  di Jawa Barat  ( 54,6 persen ) dan Jawa Timur ( 57,1 persen ) , sedangkan Jawa Tengah masih dikuasai oleh pasangan Ganjar – Mahfud dengan elektabilitas  sebesar  40,3 persen. (*/Sulist Ds ) .

Komentar