LSJ :  Pilpres Diprediksi Berlangsung  Satu Putaran,

Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 50,3 Persen.

Headline1, Politik156 Dilihat

Teras Malioboro News —   Paska  dua kali debat  calon presiden dan calon wakil presiden elektabilitas   Prabowo – Gibran makin melesat.  Berdasarkan  data terbaru yang dirilis oleh Lembaga Survei Jakarta ( LSJ) pada  Kamis (28/12/2023)   elektabilitas Prabowo – Gibran berhasil menembus angka 50, 3 persen , sementara pasangan  Ganjar Mahfud  dan Anies – Cak Imin hanya mampu meraih elektabilitas diangka 20 persen-an.  Untuk itu,  diprediksi Pemilian Presiden hanya akan berlangsung satu putaran dengan pemenang pasangan Prabowo – Gibran.

Peneliti Senior LSJ Fetra Ardianto   menjelaskan, LSJ merupakan lembaga survei independen yang tidak berafiliasi ke salah satu parpol maupun lembaga politik manapun dan telah berusia lebih dari 14 tahun. Lembaga ini didirikan oleh para akademisi  dan resmi terdaftar di KPU Pusat dan Kementerian Hukum dan HAM RI dan bernaung dibawah asosiasi survei ASOPI yang beranggotakan 42 lembaga survei diseluruh Indonesia.

Survei ,  dilangsungkan pada rentang waktu 22-27 Desember 2023  dengan sampel sebanyak  1200 responden di 38 propinsi   melalui teknik multi random sampling dengan margin error sebesar  2,83 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

“ Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara telepon,  oleh tenaga terlatih dengan bantuan kuesioner. “ ujar Fetra dalam konferensi pers secara daring , Kamis (28/12/2023) sore.

Baca Juga: Survei Terbaru, Elektabilitas Prabowo-Gibran Capai 46,7 Persen.

Selanjutnya Fetra menyampaikan,   dengan memperhatikan tren elektabilitas  masing-masing pasangan capres/cawapres selama dua bulan terakhir, kecil kemungkinan pasangan Ganjar – Mahfud dan Anies – Cak Imin dapat mengungguli elektabilitas  pasangan Prabowo- Gibran.

Masih berdasarkan survei ini,  publik menilai  capres Prabowo dan Gibran  sama-sama menjadi pemenang debat.  Sebanyak 42 persen responden menilai kinerja Prabowo paling baik , disusul  Anies Baswedan  ( 26,4 persen ) , Ganjar Pranowo ( 24, 6 persen ) sedangkan  6,5 persen responden menjawab tidak tahu.

Lantas ketika ditanyakan mengenai  kinerja terbaik dalam debat cawapres yang dilangsungkan oleh KPU pada 22 Desember 2023 lalu ,  nama Gibran paling banyak disebut  responden. Sebanyak  55.5 persen responden menilai  Gibran tampil paling baik  pada debat cawapres.

Baca Juga : 4 Profesor Membedah Buku Sudirman Said

Kemudian,  sebanyak 30,4 persen  responden menyebut Mahfud MD  sebagai yang terbaik, sementara  itu hanya 12,1 persen responden yang menilai Muhaimin Iskandar tampil terbaik dan 2 persen responden menyatakan tidak dapat memberikan penilaian.

Ditegaskan Fetra, salah satu temuan menarik yang ditemukan dari survei ini adalah tergusurnya PDIP oleh Partai Gerindra.  Hasil survei LSJ memperlihatkan bahwa  seandainya Pemilu dilaksanakan saat ini maka  sebanyak 21,1 persen responden mengaku akan memilih Partai Gerindra,  sedangkan yang menjatihkan pilihan pada PDIP sebanyak 18, 5 persen sementara sisanya  mengaku akan memilih parpol lain.

Sebagai catatan, dalam survei ini  masih terdapat undecided votter sebanyak 3,4 persen dan swing votter sebanyak 23,5 persen.  (*/Sulist Ds )

 

Komentar