“Europe on Screen” 2024 Hadir  di 8 Kota . Simak Jadwal Pemutarannya..

Teras Malioboro News — Festival film Uni Eropa “Europe on Screen” (EoS) kembali hadir!  Pada  edisi ke 24 kali ini, EoS akan ditayangkan pada Jumat   (7/6/2024)  hingga Minggu, (16/6/2024)  di 8 kota di seluruh Indonesia  yaitu : Jakarta, Bandung, Medan, Yogyakarta, Denpasar, Surabaya, Sidoarjo dan Malang.Khusus di Jogja, EoS   berpartner dengan Institute France Indonesia (IFI)  dengan  memutar sejumlah film unggulan.

Assisten Direksi IFI Inta Fitriya Devi menjelaskan,  Europe on Screen (EoS)  merupakan festival film internasional tertua yang masih aktif sampai sekarang di Indonesia. Diadakan pertama kali di di tahun 1990 dengan nama “Festival Film Eropa”, lalu diadakan lagi di tahun 1999 dan sejak 2003 festival ini menjadi acara tahunan dengan nama yang digunakan sekarang yaitu Europe on Screen.

“ EoS memutar film-film terpilih dari negara-negara Uni Eropa dan negara Eropa lainnya yang mempunyai perwakilan di Indonesia serta di negara tetangga seperti di Singapura. Festival ini tidak hanya mengadakan pemutaran film tetapi juga kegiatan lain seperti lokakarya, diskusi, kompetisi pameran, layar tancap, dan banyak lainnya. Sebagian besar pemutaran film dan kegiatan ini diadakan di pusat-pusat kebudayaan, institusi pendidikan, bioskop alternatif, pusat perbelanjaan, ruang co-working dan tempat pemutaran lainnya.” ujar Inta seperti dikutip dari rilis media yang diterima redaksi Senin (3/6/2024)

Baca Juga : IFI DIY Gelar Baksos dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Selanjutnya Inta menyampaikan, sebagai  partner eksklusif festival EoS di Yogyakarta IFI  akan menayangkan 22 pemutaran film, gratis dan terbuka untuk umum tanpa pendaftaran: Senin – Jumat pukul 16.30 dan 19.00 dan Sabtu – Minggu pukul 14.00, 16.30 dan 19.00.

Kemudian, pada hari Minggu, 9 Juni, penulis skenario dari Irlandia Éamon Little  akan hadir  di IFI Yogyakarta pada sesi tanya jawab seusai penayangan filmnya berjudul “That They May Face the Rising Sun” pukul 19.00.

“ Seluruh film yang akan ditayangkan dalam bahasa asli dengan takarir bahasa Inggris. Akses untuk menonton film ini gratis, terbuka untuk umum tanpa pendaftaran.” ujar Inta

Baca Juga : Furiosa A Mad Max Of Saga , Petualangan Seru Paska Apokaliptik

Sementara itu, François Dabin selaku Direktur IFI Yogyakarta menambahkan, dari tahun ke tahun, Festival Europe on Screen menjadi acara yang semakin populer di kalangan pecinta film dari Yogyakarta yang mengapresiasi keragaman dan kualitas pilihan film yang ditawarkan, serta kesempatan berinteraksi langsung dengan para sineas Eropa yang diundang dalam sesi tanya jawab.

Sebagai institusi yang mempromosikan keberagaman budaya, Institut français Yogyakarta bangga mendukung festival ini.  Untuk    program  lengkap  terkait  acara pemutaran       di         Yogyakarta      dapat   diakses   melalui: https://bit.ly/EoS24Yk 

Komentar