Gelar Karya Koegata #2, Mengenalkan Tradisi Budaya Khas Yogyakarta

Headline2, Pendidikan388 Dilihat

Teras Malioboro News – Sebagai upaya menumbuh kembangkan bakat bagi para siswa, SD N Kotagede 3 Yogyakarta  ( Koegata ) melaksanakan kegiatan “ Gelar Karya Koegata#2 “ di lingkungan sekolah.  Kegiatan yang berlangsung pada Senin (5/2/2024)  tersebut menjadi puncak panen karya bagi seluruh warga SD N Kotagede 3.

Kepala Sekolah SD Kotagede 3 Rum Gayatri S.Pd menjelaskan, mengambil thema “ Nostalgia Bersama”.  Oleh karena gelar karya ini menampilkan  pameran makanan tradisional serta pentas seni budaya tradisional khas Yogyakarta.

“ Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Penguatan Pelajar Pancasila, guna mengenalkan para siswa terhadap tradisi budaya luhur khas Yogyakarta. “ ujar Gayatri dalam rilis media yang diterima redaksi  Rabu (7/2/2024) .

Baca Juga : Dinas Dikpora DIY Dukung Program Beasiswa Istimewa

Ditambahkan Gayatri,  kegiatan kali ini mengambil tema P5 Kewirausahaan dengan topik Makanan dan Minuman Sehat untuk Kita pada semester satu. Untuk itu, setiap kelas diwajibkan untuk membuat karya selaras dengan tema.

Adapun subtopik untuk masing-masing, yaitu olahan umbi-umbian untuk kelas 1, olahan protein nabati untuk kelas 2, olahan sayur untuk kelas 4, olahan protein hewani untuk kelas 5, dan olahan bebas untuk kelas 3 dan 6.

Baca Juga : Pendidikan Vokasi Dituntut Menyesuaikan Diri di Era Perubahan

Sementara itu, Ketua Panitia Diah  Anita MPd menambahkan, selain pameran makanan tradisional, kegiatan juga dimeriahkan dengan lomba mewarnai anak TK.. Selain itu dibeberapa sudut  sengaja dipasang berbagai bingkisan unik khas jadul dan lembar gambar didapat mereka secara cuma-cuma.  Sedangkan, dekorasi nuansa zaman dahulu juga menghiasi sisi-sisi sekolah, seperti  Pojok  Jamu ,  photobooth bertemakan lawasan, dan stand pameran yang berisi  karya siswa.

Sedangkan, pada sisi panggung seni dipentaskan  beberapa atraksi seperti pantomim, tari (tradisional, modern, dan kreasi), teater/drama, dan perkusi. Tampak warna-warni kostum dan gaya make-up penampil menghiasi atas panggung.

Kemudian, lanjut Anita , dari kegiatan Lomba Mewarnai  ditetapkan 5 orang juara dengan rincian  : . Juara I diraih oleh Andhanu Khalil Radhika dari TK Islam Timuran; Juara II diraih oleh Keysha Putri Berliana dari TK Among Siwi; dan Juara III diraih oleh Narayana dari TK Ibnu Abbas. Selanjutnya, juara harapan I diraih oleh Elmira Agrevinadira Yasmine P. dari TK Bhakti 5 Kalasan dan Juara Harapan II diraih oleh Afnan Khalid dari TK Kuttab Alfatih. Kami ucapkan selamat kepada para pemenang, ya!

Baca Juga : Dinas Dikpora DIY Dukung Program Beasiswa Istimewa

Anita berharap melalui kegiatan Gelar Karya Koegata #2 ini dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab, kerja sama, kreativitas, toleransi, dan saling menghargai setiap warga sekolah yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai dasar Kurikulum Merdeka serta dapat menjadi wadah untuk mempererat tali persaudaraan para siswa, wali murid, masyarakat sekitar dan seluruh warga sekolah SD Negeri Kotagede 3.  (*/)

Komentar